PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT (Phaeophyceae) Sargassum crassifolium DALAM RANSUM TERHADAP KOLESTEROL DAGING PAHA, DAGING SAYAP DAN HATI BROILER

Nia, Marta Ostia (2024) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT (Phaeophyceae) Sargassum crassifolium DALAM RANSUM TERHADAP KOLESTEROL DAGING PAHA, DAGING SAYAP DAN HATI BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak nia.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
bab 5 kesimpulan.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi NIA (RL) kolesterol fix(3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian rumput laut cokelat Sargassum crassifolium yang telah diturunkan kadar garamnya dengan perendaman pada air mengalir selama 15 jam terhadap kolesterol daging paha, daging sayap dan hati broiler. Penelitian menggunakan DOC broiler strain Lohmann MB-202 platinum jantan dan betina sebanyak 100 ekor, dengan berat awal rata-rata 45,2 ± 2,82 g/ekor. Broiler umur 0-1 minggu diberi ransum komersil Bravo 511, dan pada umur 2 minggu sampai umur 6 minggu diberi ransum perlakuan yang mengandung tepung rumput laut cokelat Sargassum crassifolium (TRLCSc). Kandang yang digunakan tipe box berukuran 60 × 50 × 50 cm sebanyak 20 unit, dan setiap unit kandang ditempati 5 ekor broiler. Metode penelitian adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan pemberian TRLCSc (0, 6, 12, dan 18%) dalam ransum, dan masing- masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter yang diukur: kolesterol daging paha, sayap dan hati broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemberian TRLCSc dalam ransum broiler berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kolesterol daging paha, sayap dan hati broiler. Kesimpulan, pemberian TRLCSc yang telah diturunkan kadar garamnya, dengan perendaman pada air mengalir selama 15 jam dalam ransum broiler sampai 18%, dapat menurunkan kolesterol daging paha, sayap, dan hati broiler. Pada kondisi ini diperoleh persentase penurunan kolesterol daging paha 21,36%, sayap 29,87% dan hati broiler 59,93%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yose Rizal, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sargassum crassifolium, Broiler, Kolesterol Daging paha, Daging Sayap, Kolesterol Hati.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:50
Last Modified: 19 Feb 2024 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462328

Actions (login required)

View Item View Item