PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH SENDUDUK (Melastoma malabtahricum L.) TERHADAP MINUMAN INSTAN SARI BUAH SIRSAK (Annona muricata L.)

Rifna, Novia (2024) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH SENDUDUK (Melastoma malabtahricum L.) TERHADAP MINUMAN INSTAN SARI BUAH SIRSAK (Annona muricata L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Daftar Piustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_RIFNA_NOVIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak buah senduduk terhadap karakteristik minuman serbuk instan sari buah sirsak dan tingkat penerimaan panelis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Pada penelitian ini dilakukan penambahan ekstrak buah senduduk dengan perlakuan A (0%), B (2,5%), C (5%) D (7,5%), dan E (10%). Hasil penelitian dari masing-masing parameter dianalisis statistik dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan jika hasil analisis berbeda nyata dilanjutkan dengan analisis Duncan’s New Multiple Range (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan ekstrak buah senduduk memberikan hasil analisis berbeda nyata terhadap Kadar Air, nilai pH, Rendemen, Waktu Larut, Antioksidan, Antosianin, Vitamin C, Analisis Warna, Angka Lempeng Total dan Organoleptik Warna dan Rasa dari minuman instan. Namun, berbeda tidak nyata terhadap organoleptik Aroma. Perlakuan terbaik penambahan ekstrak buah senduduk yang tepat berdasarkan karakteristik kimia, fisik, mikrobiologi, dan organoleptik minumna instan adalah perlakuan D (penambahan buah ekstrak senduduk 7,5%) dengan hasil analisis warna (oHue) menghasilkan warna red purple (15,19), nilai pH (3,74), kadar air (8,29%), antioksidan (66,36%), antosianin (11,02 mg/100ml), vitamin C (23,21%) , waktu larut (15,40/dtk), rendemen (26,86%), dan angka lempeng total (3,2 x 102) dan tingkat kesukaan warna 4,13 (suka), aroma 4,00 (suka) dan rasa 4,33 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Cesar Welya Refdi, S.TP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Sirsak, Serbuk, Buah Senduduk, Minuman Instan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 teknologi hasil pertanian
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:25
Last Modified: 19 Feb 2024 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462300

Actions (login required)

View Item View Item