Kajian Pembuatan Permen Jelly dari Sari Buah Nanas (Ananas comosus) dan Air Kelapa Tua dengan Variasi Carboxymethyl Cellulose (CMC)

Annisa, Ersandra Aulia (2024) Kajian Pembuatan Permen Jelly dari Sari Buah Nanas (Ananas comosus) dan Air Kelapa Tua dengan Variasi Carboxymethyl Cellulose (CMC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (58kB)

Abstract

Buah nanas adalah salah satu buah yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Nanas biasanya tumbuh di daerah dataran rendah dengan bentuk tanaman berupa semak. Hasil panen nanas yang semakin meningkat tiap tahunnya menyebabkan ketersediannya tidak banyak diolah sehingga banyak nanas tersebut yang terbuang begitu saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh formulasi sari buah nanas dan air kelapa tua dengan variasi konsentrasi CMC terhadap karakteristik fisik, kimia, organoleptik, dan mikrobiologi permen jelly sehingga diperoleh hasil yang terbaik. Selain sari buah nanas, air kelapa tua juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan permen jelly karena air kelapa tua dapat mengurangi jumlah penggunaan gula sukrosa pada permen. Sedangkan bahan pengental yang digunakan yaitu Carboxymethyl cellulose (CMC). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan 9 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya yaitu kombinasi antara perbandingan sari buah nanas dan air kelapa tua (A) dengan konsentrasi CMC (B) dengan taraf A1 = 400g : 100g, A2 = 300g : 200g, A3 = 250g : 250g, B1 = 1%, B2 = 2%, B3 = 3%. Data dianalisis secara statistik dengan uji siginifikan dan dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian perbandingan sari buah nanas dan air kelapa tua dengan variasi konsentrasi CMC berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisik, kimia, organoleptik (warna, aroma, rasa, dan tesktur) tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap Escherichia coli dan bentuk permen jelly. Hasil permen jelly terbaik yang diperoleh berdasarkan organoleptik yaitu pada perlakuan dengan perbandingan sari nanas dan air kelapa tua 250g:250g dan konsentrasi CMC 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fitriani Kasim, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sari Buah Nanas, Air Kelapa Tua, Permen Jelly
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:02
Last Modified: 20 Feb 2024 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462277

Actions (login required)

View Item View Item