PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT SARGASSUM CRASSIFOLIUM DALAM RANSUM TERHADAP LEMAK PAHA, SAYAP DAN HATI BROILER

Mila, Fitri Yani (2024) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG RUMPUT LAUT COKELAT SARGASSUM CRASSIFOLIUM DALAM RANSUM TERHADAP LEMAK PAHA, SAYAP DAN HATI BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung rumput laut cokelat Sargassum crassifolium yang telah diturunkan kadar garamnya dengan perendaman pada air mengalir selama 15 jam terhadap lemak paha, sayap dan hati broiler. Penelitian menggunakan DOC broiler strain Lohmann galur MB-202 Platinum campuran jantan dan betina sebanyak 100 ekor, dengan berat awal rata-rata 45,2 ± 2,82 g/ekor. Broiler umur 0-1 minggu diberi ransum komersil Bravo 511, dan pada umur 2 minggu sampai umur 6 minggu diberi ransum perlakuan yang mengandung tepung rumput laut cokelat Sargassum crassifolium (TRLCSc). Kandang yang digunakan tipe box berukuran 60 × 50 × 50 cm sebanyak 20 unit, dan setiap unit kandang ditempati 5 ekor broiler. Metode penelitian adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan pemberian TRLCSc (0, 6, 12, dan 18%) dalam ransum, dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Peubah yang diukur: kandungan lemak paha (%), lemak sayap (%), dan lemak hati (%) broiler. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemberian TRLCSc dalam ransum broiler berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan lemak paha, sayap dan hati broiler. Kesimpulan, pemberian TRLCSc yang telah diturunkan kadar garamnya dengan perendaman pada air mengalir selama 15 jam dalam ransum broiler sampai 18%, dapat menurunkan kandungan lemak paha, lemak sayap, dan lemak hati broiler. Pada kondisi ini diperoleh lemak paha 2,67%, lemak sayap 3,01% dan lemak hati 2,69%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Maria Endo Mahata, MS
Uncontrolled Keywords: Broiler, Lemak Paha, Lemak Sayap, Lemak Hati, Sargassum crassifolium
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:20
Last Modified: 19 Feb 2024 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462271

Actions (login required)

View Item View Item