Studi Numerik Kapasitas Geser Join Balok Kolom Beton Bertulang yang Diperkuat dengan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP)

Waode, Ulya Nabila (2024) Studi Numerik Kapasitas Geser Join Balok Kolom Beton Bertulang yang Diperkuat dengan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (723kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (Tesis Full Teks)
Tesis Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Pada sebuah struktur beton bertulang, komponen yang sangat penting dan dapat mempengaruhi keruntuhan struktural akibat beban seismic adalah join balok kolom. join balok kolom yang rusak bisa mengakibatkan penurunan kinerja struktur secara keseluruhan. Karena itu, sangat penting untuk memperkuat kinerja join balok kolom. metode perkuatan yang banyak digunakan ialah penggunaan carbon fiber reinforced polymer (CFRP) pada beton bertulang. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian terhadap kinerja join balok kolom yang divariasikan tulangan longitudinal baloknya dan dipasangkan perkuatan CFRP pada kedua sisi join balok kolomnya serta dilakukan juga analisis dengan menggunakan software ATENA 2D. Tujuannya adalah untuk mengetahui perbandingan yang dihasilkan dari pengujian yang dilakukan di laboratorium dengan hasil analisis ATENA 2D. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode numerik. Metode numerik yang dilakukan menggunakan ATENA 2D. dari penelitian ini akan didapatkan data berupa beban dan perpindahan yang kemudian diolah dengan bantuan Microsoft excel. Hasil analisis dengan menggunakan ATENA 2D kemudian diolah dan dibandingkan dengan hasil eksperimental yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas geser hasil numerik dengan ATENA 2D mendekati hasil eksperimental. Rata-rata persentasi beda kapasitas geser dari hasil numerik dan eksperimental adalah 5,7%. Pola retak hasil ATENA 2D menyerupai pola retak hasil eksperimental. Perkuatan CFRP yang dipasangkan pada benda uji mampu meningkatkan kapasitas geser. Peningkatan pada benda uji dengan tulangan longitudinal balok 3D13 dan 5D13 sebesar 3,5% dan 12,5%. Peningkatan jumlah tulangan longitudinal pada balok mempengaruhi pertambahan besarnya kapasitas geser pada join balok kolom sebesar 12%. Nilai perhitungan kapasitas geser join secara teoritis dan numerik meningkat dua kali lipat dengan adanya perkuatan CFRP dan rasio tulangan yang lebih tinggi. Perilaku join balok kolom dipengaruhi oleh perilaku balok berdasarkan grafik beban vs regangan pada ATENA 2D.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Ir. Rendy Thamrin, M.T.
Uncontrolled Keywords: Join Balok Kolom, ATENA 2D, CFRP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:58
Last Modified: 20 Feb 2024 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462254

Actions (login required)

View Item View Item