NILAI DIAGNOSTIK ITALIAN SCORE UNTUK MEMPREDIKSI INFEKSI BAKTERI EXTENDED SPECTRUM BETA-LACTAMASE (ESBL) PADA PASIEN SEPSIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Khairat, AS (2024) NILAI DIAGNOSTIK ITALIAN SCORE UNTUK MEMPREDIKSI INFEKSI BAKTERI EXTENDED SPECTRUM BETA-LACTAMASE (ESBL) PADA PASIEN SEPSIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (tesis full)
tesis fixed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sepsis adalah masalah kesehatan utama di dunia dan dikaitkan dengan kebutuhan perawatan di unit perawatan intensif, masa rawatan lama, biaya perawatan yang tinggi, serta angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi. Penyakit infeksi merupakan penyebab utama sepsis dan kematian terkait sepsis di dunia dan bakteri adalah penyebab paling umum dari sepsis (98,5%). Hal ini sangat relevan dengan permasalahan infeksi yang diakibatkan oleh patogen multi drug resistent (MDR), salah satu infeksi akibat bakteri penghasil extended spectrum beta-lactamase (ESBL) yang meningkat sangat pesat. Escherichia coli dan Klebsiella pneumonia merupakan patogen penting dalam penyebaran ESBL ke seluruh dunia. Pemberian antibiotik empiris inisial yang tidak tepat terkendala waktu yang dibutuhkan untuk kultur dan pentingnya melakukan strategi hemat karbapenem telah mendorong dikembangkan model sistem skoring klinis yang mampu memprediksi infeksi bakteri ESBL, salah satunya adalah italian score. Nilai diagnostik italian score untuk memprediksi infeksi ESBL pada pasien sepsis di RSUP Dr. M. Djamil Padang belum diketahui, sehingga dengan penelitian ini dapat diketahui nilai diagnostik italian score untuk memprediksi infeksi ESBL pada pasien sepsis.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: 1. dr. Fadrian, Sp.PD- KPTI, FINASIM
Uncontrolled Keywords: sepsis, multi drug resistant, extended spectrum beta-lactamase, italian score
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 17 Feb 2024 07:32
Last Modified: 17 Feb 2024 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462237

Actions (login required)

View Item View Item