Hubungan Tingkat Kesadaran Politik dengan Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat di Kota Pekanbaru Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019

Maulud, Ilham Chareld (2023) Hubungan Tingkat Kesadaran Politik dengan Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat di Kota Pekanbaru Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab VII (Penutup))
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pemilu legislatif tahun 2019 di Kota Pekanbaru menjadi pemilu dengan hasil partisipasi pemilih tertinggi sepanjang sejarah dengan tingkat partisipasi mencapai 93,7%. Dalam penelitian ini, peneliti beranggapan bahwasannya meningkatnya partisipasi memilih masyarakat tersebut dipengaruhi oleh kesadaran politik masyarakat Kota Pekanbaru. Rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan kesadaran politik masyarakat Kota Pekanbaru terhadap meningkatnya partisipasi politik pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019. Teori yang digunakan adalah teori kesadaran politik sebagai variabel independent (X) dan teori partisipasi politik sebagai variabel dependent (Y). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, responden dipilih menggunakan metode bertahap (Multy Stage Sampling) yaitu random sampling. Analisis data menggunakan SPSS 25 dengan analisis tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi kendall tau. Dalam mengukur hubungan antara kesadaran politik (X) terhadap partisipasi politik (Y) data statistic menunjukkan bahwa diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0.661, dengan nilai Sig.2-tailed sebesar 0.000 < 0.05. Ini berarti menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kesadaran politik terhadap partisipasi politik pada pemilihan umum legislatif Kota Pekanbaru Tahun 2019. Keeratan hubungan yang terjadi kearah positif dengan keeratan hubungan sangat kuat dalam mempengaruhi, sehingga dapat dikatakan bahwa kesadaran politik merupakan salah satu faktor yang dominan dalam mempengaruhi tingkat partsisipasi politik dalam pemilihan umum legislatif tahun 2019 di Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Irawati, S.IP., MA
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Politik, Partisipasi Politik, Pemilihan Umum legislatif 2019
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:29
Last Modified: 19 Feb 2024 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462169

Actions (login required)

View Item View Item