Efek human Bone Marrow Mesenchymal Stem Cells Terhadap Deposisi Kolagen Pada Kulit Tikus Luka Bakar Full Thickness Diabetes Melitus

Resti, Karunia Aljassri (2024) Efek human Bone Marrow Mesenchymal Stem Cells Terhadap Deposisi Kolagen Pada Kulit Tikus Luka Bakar Full Thickness Diabetes Melitus. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh manusia dan rentan mengalami kerusakan, salah satunya luka bakar. Luka bakar disebabkan oleh trauma panas atau dingin yang memiliki risiko morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Salah satu faktor yang menghambat penyembuhan luka bakar yaitu diabetes melitus. Diabetes melitus memperpanjang inflamasi, mengganggu proses re-epitelisasi, sintesis, dan proliferasi fibroblas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek human Bone Marrow Mesenchymal Stem Cells (hBM-MSCs) terhadap deposisi kolagen pada penyembuhan luka bakar dengan diabetes melitus. Penelitian ini dilakukan secara post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan 30 blok parafin yang berisikan jaringan kulit luka bakar full thickness tikus diabetes melitus. Terdiri dari kelompok kontrol dan perlakuan. Jaringan diterminasi pada hari ke-3, ke-7, dan ke-14, kemudian dibuat preparat histologis dengan pewarnaan Picro Sirius Red untuk menilai deposisi kolagen. Data dianalisis menggunakan uji T-Independent. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan deposisi kolagen pada kulit tikus luka bakar full thickness diabetes mellitus setelah diberikan hBM-MSCs. Analisis statistik deposisi kolagen pada hari ke-3 dan ke-7 tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, sedangkan hari ke-14 terlihat peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini yaitu human Bone Marrow Mesenchymal Stem Cells berpotensi meningkatkan deposisi kolagen pada kulit luka bakar tikus diabetes melitus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Gusti Revilla, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kolagen, diabetes melitus, fibroblas, human Bone Marrow Mesenchymal Stem Cells, luka bakar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RL Dermatology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:32
Last Modified: 16 Feb 2024 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462156

Actions (login required)

View Item View Item