UJI POTENSI BACTERIOCIN-CONTAINING CELL-FREE SUPERNATANT DARI Lactobacillus crispatus TERHADAP PERTUMBUHAN PATHOGENIC Escherichia coli YANG DIISOLASI DARI GENITALIA WANITA

Umar, Al Farras (2024) UJI POTENSI BACTERIOCIN-CONTAINING CELL-FREE SUPERNATANT DARI Lactobacillus crispatus TERHADAP PERTUMBUHAN PATHOGENIC Escherichia coli YANG DIISOLASI DARI GENITALIA WANITA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (pendahuluan) PDF.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan) PDF.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka PDF.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fullltext pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Escherichia coli (E. coli) merupakan salah satu jenis bakteri penyebab terbanyak vaginitis aerobik yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan wanita hamil dan janin. Infeksi E. coli yang resisten terhadap antibiotik yang umum digunakan dapat mempersulit, mengganggu, dan memberikan hasil terapi yang buruk. Bakteri E. coli diketahui mampu bertindak sebagai donor dan resipien gen resistensi melalui mekanisme konjugasi, transformasi, dan transduksi. Tujuan penelitian ini adalah menguji kemampuan bakteriosin dari Lactobacillus crispatus (L. crispatus) sebagai senyawa antimikroba yang dapat meminimalisir pengembangan resistensi antibiotik pada bakteri E. coli. Bakteriosin dari Lactobacillus crispatus diperoleh melalui proses sentrifugasi dan filtrasi menjadi bentuk Cell-Free Supernatant. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli – Desember 2023 di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sampel penelitian ini adalah pathogenic E. coli yang diperoleh dari swab vagina. Penelitian dilakukan dengan teknik dilusi dan Real Time PCR dengan desain penelitian rancangan acak lengkap. Cell Free Supernatant dibagi menjadi konsentrasi 100%, 80%, 60%, 40%, 20%, dan 0% (kontrol). Nilai KHM dan KBM diperoleh dari jumlah bakteri yang tumbuh dan terdeteksi melalui Real Time PCR pada masing-masing konsentrasi. Hasil penelitian diolah secara statistik dengan uji One Way ANOVA dan Post Hoc LSD. Hasil penelitian diperoleh bahwa bacteriosin-containing Cell-Free Supernatant dari Lactobacillus crispatus tidak memiliki efek bakteriostatik dan bakterisidal terhadap pathogenic Escherichia coli dengan nilai KHM dan KBM yang tidak dapat diidentifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, bacteriocin, Lactobacillus crispatus, Escherichia coli
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:05
Last Modified: 16 Feb 2024 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462132

Actions (login required)

View Item View Item