PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SUSPENSI CARBOXYMETIL CELLULOSE DAN EKSTRAK GAMBIR SEBAGAI PELUMAS BERBASIS AIR PENGHAMBAT KOROSI

Febrian, Ilhamsyah (2024) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SUSPENSI CARBOXYMETIL CELLULOSE DAN EKSTRAK GAMBIR SEBAGAI PELUMAS BERBASIS AIR PENGHAMBAT KOROSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan minyak mentah atau minyak mineral digunakan untuk kebutuhan kehidupan sekarang hingga masa yang akan datang. Namun minyak mentah atau minyak mineral pada umumnya memiliki banyak kekurangan karena zat atau aditifnya yang beracun dan akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Dikarenakan tingginya penggunaan minyak mentah atau minyak mineral saat ini dapat menyebabkan krisisnya sumber daya alam khususnya minyak mentah atau minyak mineral serta jika berlebihan akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan suatu alternatif pengganti minyak mentah yang dapat digunakan sebagai pelumas yaitu pelumas berbasis air penghambat korosi. CarboxyMetil Celulose (CMC) berpotensi dalam pengembangan pelumas berbasis air karena mudah larut dengan air, tidak beracun, dan viskositas (kekentalan) tinggi sehingga dapat mengurangi gesekan. Untuk penghambat korosi yang disebabkan oleh air, CMC perlu ditambahkan ektrak air gambir. Pada penelitian ini terdapat tiga variasi yaitu CMC 1%, CMC 1% ditambahkan Ekstrak air gambir 1%, CMC 1% ditambahkan Ekstrak air gambir 2%. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh penambahan CMC dan Ekstrak Air Gambir terhadap Gesekan dan penghambat korosinya pada pelumas. Pengujian Tribologi dilakukan pada penelitian ini. Pada penelitian ini diharapkan penambahan CMC dan Ekstrak Air Gambir dapat mengurangi Gesekan dan penghambat korosi pada pelumas. Penelitian ini dilakukan agar menjadi acuan dalam pembuatan produk pelumas yang dapat meningkatkan nilai guna dari CMC dan Ekstrak Air Gambir sebagai pengganti pelumas berbasis air dengan sifat mekanik yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.-Ing.Ir Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: CarboxyMetil Celulose, Ekstrak Air Gambir, Pelumas, Uji Tribologi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:30
Last Modified: 15 Feb 2024 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462032

Actions (login required)

View Item View Item