REKRUITMEN PEREMPUAN SEBAGAITUGAS PENGAMANAN KOTA (Alasan dan Cara Kerja Perempuan dalam Bagian Pengawasan dan Pengendalian Penertiban Umum Satpol PP Kota Padang)

SUNDARI, SUNDARI (2014) REKRUITMEN PEREMPUAN SEBAGAITUGAS PENGAMANAN KOTA (Alasan dan Cara Kerja Perempuan dalam Bagian Pengawasan dan Pengendalian Penertiban Umum Satpol PP Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
ISIP SOSIOLOGI 2014 SUNDARI 1010812009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kebijakan pembangunan dengan mengintegrasikan perempuan telah membuka peluang perempuan untuk bekeija di sektor publik, yaitu pada jasa pengamanan kota Satpol PP Kota Padang. Penerimaan perempuan dimulai pada tahun 2012. Namun, pekegaan ini rentan dengan kekerasan oleh masyarakat karena menentang pelaksanaan Perda No. 11 Tahun 2005. Oleh sebab itu peneiitian ini mengkaji rekruitmen perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP Kota Padang. Peneiitian ini dikhususkan kepada orang- orang yang berada pada perangkat struktur organisasi Sa^ol PP Kota Padang. Pertanyaan peneiitian ini adalah mengapa instansi Satpol PP merekniit perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum di Kota Padang?. Tujuan dari peneiitian ini adalah mendeskripsikan alasan instansi Satpol PP merekruit perempuan dan cara keija perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP di Kota Padang. Peneiitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam (tidak berstrul^). Teori yang digunakan adalah Teori Feminisme Struktural oleh Miriam Johnson yang memfokuskan pada peran sosial tldak terkait dengan jenls kelamin. Dari hasil peneiitian dapat disimpulkan bahwa alasan instansi Satpol PP merekruit perempuan adalah untuk menghilangkan pandangan negatif terhadap Satpol PP, mengurangi dan mengendalikan te^adinya kekerasan verbal saat penertiban, mengantisipasi teijadinya kekerasan fisik teriiadap perempuan saat penertiban, dan mengantisipasi te^adinya kekerasan fisik terhadap anak saat penertiban. Sedangkan cara kega perempuan dalam bagian pengawasan dan pengendalian penertiban umum Satpol PP di Kota Padang adalah melakukan penyamaran sebelum penertiban, melakukan penangkapan terhadap anak dan perempuan saat penertiban, memberikan negosiasi saat penertiban, membuat dokumentasi saat penertiban dan ikut dalam patroli kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Maihasni. M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Magang UIN 2024
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:51
Last Modified: 13 Feb 2024 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462027

Actions (login required)

View Item View Item