KEGIATAN SUPERVISI DAN PERAN KONSULTAN PENGAWAS PADA PROYEK REHABILITASI GEDUNG BALAI PENYULUH PERTANIAN (BPP TETAP, BPP TANJUNG HARAPAN, DAN BPP TANJUNG GANTI) DINAS PERTANIAN KABUPATEN KAUR

REZKY, HAREDHO (2024) KEGIATAN SUPERVISI DAN PERAN KONSULTAN PENGAWAS PADA PROYEK REHABILITASI GEDUNG BALAI PENYULUH PERTANIAN (BPP TETAP, BPP TANJUNG HARAPAN, DAN BPP TANJUNG GANTI) DINAS PERTANIAN KABUPATEN KAUR. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (LAPORAN FULL TEXT)
FULL UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia konstruksi semakin mengalami perkembangan dan kemajuan, setiap lembaga swasta maupun pemerintah membutuhkan sarana terutama bangunan gedung untuk menunjang kegiatan, sehingga tidak heran menjadi salah satu faktor meningkatnya pembangunan di Indonesia. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di Kabupaten Kaur memiliki tiga Gedung yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Pemerintah kabupaten Kaur melalui Dana Alokasi Khusus Dinas Pertanian melakukan rehabilitasi terhadap tiga Balai Penyuluhan Pertanian yaitu BPP Tetap, BPP Tanjung harapan, dan BPP Tanjung ganti. Dalam pelaksanaannya perlu dilakukan pengawasan agar pekerjaan sesuai dengan biaya, mutu dan waktu yang direncanakan. Pada proyek ini pengawasan dilakukan oleh PT. Elsyah Buana Engineering. Selama kegaitan pembangunan terjadi beberapa kendala dilapangan yaitu material masuk tidak sesuai spesifikasi, terjadinya keterlambatan material dan tenaga kerja yang kurang peduli terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Dalam proyek ini peran pengawas lapangan sangat berperan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, sehingga pekerjaan akhirnya dapat diselesaikan sebelum akhir masa kontrak. Beberapa peran tersebut yaitu melakukan komunikasi intensif terhadap pelaksana (kontraktor), melakukan pengecekan terhadap material yang masuk, menghitung progres dilapangan dan membandingkan dengan kurva S rencana, melakukan kontrol terhadap campuran beton, serta selalu menjaga koordinasi terkait kegiatan dilapangan baik itu kepada pelaksana maupun owner.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rika Ampuh Hadiguna, MT, IPU, ASEAN Eng.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:43
Last Modified: 13 Feb 2024 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462026

Actions (login required)

View Item View Item