FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Zahra, Zafira (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DEPRESI PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) memerlukan hemodialisis akibat penurunan fungsi ginjal. Tindakan hemodialisis ini dapat berdampak terhadap psikologis. Salah satunya adalah depresi. Berbagai faktor yang diduga berhubungan diantaranya faktor usia, jenis kelamin, pendidikan, lama hemodialisis, komorbid, dan sosial ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional kepada 47 pasien PGK di Unit Hemodialisis RSUP Dr. M. Djamil Padang. Sampel diambil dengan consecutive sampling. Skrining depresi dinilai menggunakan Patient Health Questionnaire (PHQ-9). Hasil penelitian ini menunjukkan 61.7% pasien PGK mengalami depresi. Kejadian depresi lebih banyak pada usia di atas 51 tahun (62%), perempuan (55.17%), tingkat pendidikan menengah (51.1%), lama hemodialisis lebih dari 6 bulan (75.85%), dengan komorbid hipertensi (86.2%), tanpa komorbid diabetes melitus (96.55%), dan sosial ekonomi rendah (75.86%). Hasil analisis Chi-Square didapatkan faktor usia (p=0.018), jenis kelamin (p=0.432), tingkat pendidikan (p=0.693), lama menjalani hemodialisis (p=1.000), komorbid hipertensi (p=0.692), diabetes melitus (p= 1.000), dan sosial ekonomi (p=0.455). Penelitian ini menyimpulkan bahwa usia merupakan faktor yang memiliki hubungan signifikan terhadap kejadian depresi pada penderita PGK, sedangkan jenis kelamin, pendidikan, lama hemodialisis, komorbid, dan sosial ekonomi tidak memiliki hubungan terhadap kejadian depresi pada penderita PGK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.S (K)
Uncontrolled Keywords: Depresi, Penyakit Ginjal Kronik, Hemodialisis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Feb 2024 05:12
Last Modified: 13 Feb 2024 05:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461965

Actions (login required)

View Item View Item