HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, USIA, LAMA BEKERJA DAN PENGALAMAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TK TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KEJANG PADA ANAK DI KOTA PADANG

Putri, Najwa Azzahra (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, USIA, LAMA BEKERJA DAN PENGALAMAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TK TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KEJANG PADA ANAK DI KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (bab 1 ( pendahuluan))
bab 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (bab akhir (kesimpulan dan saran))
bab akhir.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Full PDF)
Putri Najwa (Full PDF) 2.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kejang merupakan salah satu kedaruratan dibidang neurologis yang banyak dijumpai sehari-hari. Anak-anak pada umumnya akan memiliki waktu yang mengharuskannya untuk berada diluar rumah seperti saat sekolah. Guru memiliki peran penting dalam memberikan penanganan awal dari kejang. Pengetahuan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, tingkat pendidikan, lama bekerja, dan pengalaman. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan guru TK dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. dengan menggunakan data dari hasil pengumpulan kuesioner. Sampel yang didapat berjumlah 107 guru Tk yang ada di seluruh Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang pertolongan pertama kejang pada anak pada kategori kurang yakni sebanyak 55 guru (51,4 %). Sampel pada penelitian ini di dominasi oleh usia >40 tahun (49,5%), riwayat pendidikan akhir yakni pendidikan tinggi seperti diploma atau sarjana (83,2%), lama bekerja > 6 tahun (43,9%) ,dan tidak pernah memiliki pengalaman menyaksikan kejang (53,3%), maupun menangani kejang (78,5%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa lama bekerja, pengalaman menyaksikan dan menangani kejadian kejang memiliki hubungan signifikan terhadap tingkat pengetahuan guru TK di Kota Padang, sedangkan usia dan tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rahmi Lestari, Sp. A(K)
Uncontrolled Keywords: Pertolongan Pertama, Kejang, Pengetahuan Guru
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:23
Last Modified: 13 Feb 2024 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461937

Actions (login required)

View Item View Item