INDEKS KUALITAS TANAH PADA SATUAN LAHAN YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.) DI KENAGARIAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Fadil, Hukama Hamdi (2019) INDEKS KUALITAS TANAH PADA SATUAN LAHAN YANG DITANAMI JAGUNG (Zea mays L.) DI KENAGARIAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstract.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
bab v.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulteks)
Skripsi Fultext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penanaman jagung secara terus-menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas tanah. Peningkatan kualitas tanah dapat mendukung kerja fungsi tanah sebagai media pertumbuhan tanaman dan menyangga lingkungan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menilai indeks kualitas tanah pada satuan lahan yang ditanami jagung di Kenagarian Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif melalui survei lapangan dan analisis tanah di laboratorium. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling berdasarkan satuan lahan di Kenagarian Mungka yang ditanami jagung pada kelerengan 0-8% dengan pola penanaman jagung-terung, jagung dan jagungubi kayu. Penelitian menunjukkan bahwa pola tanam jagung pada kedalaman 0-20 cm memiliki indeks kualitas tanah yang paling baik dengan nilai 0,89, pola tanam jagung-ubi kayu memiliki nilai 0,86 dan jagung-terung memiliki nilai 0,85. Pada kedalaman 20-40 cm, nilai indeks kualitas tanah hampir sama untuk masing-masing penggunaan lahan. Indeks kualitas tanah pada lahan jagung-terung (0,82), jagung (0,82) dan jagung-ubikayu (0,83). Pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm memiliki indeks kualitas tanah yang sangat baik karena adanya penambahan bahan organik dari kotoran unggas dan berada pada kelerengan 0-8% sehingga dapat mengurangi bahaya erosi. Penilaian indeks kualitas tanah pada lahan yang ditanami jagung direkomendasikan penambahan bahan organik ke lahan agar dapat menjaga indeks kualitas tanah. Kata kunci : Deskriptif eksploratif, Jagung, Kualitas tanah, Pola tanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, SP, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 27 May 2019 15:15
Last Modified: 27 May 2019 15:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46193

Actions (login required)

View Item View Item