UJI DAYA HAMBAT FILTRAT Lactobacillus gasseri TERHADAP PERTUMBUHAN Staphylococcus aureus YANG DIISOLASI DARI GENITALIA WANITA

Annisa, Tamara Husna (2024) UJI DAYA HAMBAT FILTRAT Lactobacillus gasseri TERHADAP PERTUMBUHAN Staphylococcus aureus YANG DIISOLASI DARI GENITALIA WANITA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB akhir (penutup_kesimpulan).pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Lactobacillus gasseri merupakan salah satu jenis bakteri terbanyak ditemukan pada vagina wanita yang dapat menghasilkan bakteriosin sebagai senyawa antibakteri. Bakteriosin dijadikan alternatif melawan bakteri yang resisten terhadap antibiotik, salah satunya Staphylococcus aureus. Selain itu, Staphylococcus aureus merupakan salah satu penyebab vaginitis aerobik yang diteliti dapat membahayakan kehamilan hingga persalinan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Kadar hambat minimal (KHM) dan kadar bunuh minimal (KBM) sebagai indikator untuk melihat kemampuan filtrat bakteriosin Lactobacillus gasseri dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-November 2023 di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand. Sampel penelitian ini adalah Staphylococcus aureus yang diperoleh dari swab vagina yang dikultur di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian dilakukan dengan teknik dilusi dan Real Time PCR dengan desain penelitian rancangan acak lengkap. Filtrat bakteriosin dibagi menjadi konsentrasi 100%, 80%, 60%, 40%, 20%, dan 0% (kontrol). Nilai KHM dan KBM diperoleh dari jumlah bakteri yang tumbuh dan terdeteksi melalui Real Time PCR pada masing-masing konsentrasi. Hasil penelitian diolah secara statistik dengan uji One Way ANOVA dan uji Bonferroni yang menunjukkan filtrat bakteriosin Lactobacillus gasseri dapat menghambat dan memiliki daya bunuh minimal terhadap Staphylococcus aureus dengan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah filtrat bakteriosin Lactobacillus gasseri memiliki efek bakteriostatik dan bakterisidal dengan nilai KHM diperoleh pada konsentrasi >20% dan <40% serta nilai KBM diperoleh pada konsentrasi 40%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Netti Suharti, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Bakteriosin, Lactobacillus gasseri, Staphylococcus aureus
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:53
Last Modified: 13 Feb 2024 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461926

Actions (login required)

View Item View Item