PEMANFAATAN ENERGI PANAS DINDING CYCLONE SUSPENSION PREHEATER UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN THERMAL ELECTRIC GENERATOR (TEG)

Yora, Pingkan (2024) PEMANFAATAN ENERGI PANAS DINDING CYCLONE SUSPENSION PREHEATER UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN THERMAL ELECTRIC GENERATOR (TEG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri semen digolongkan0sebagai salah satu industri yang boros mengkonsumsi energi, 25%-30% dari total biaya produksi merupakan0biaya untuk energi, angka ini tentunya bisa dikatakan cukup besar. Dunia saat ini tengah dilanda dengan kondisi krisis energi dimana terjadinya fenomena0pemanasan global (global warming), upaya untuk penghematan0energi saat ini sangat menjadi0perhatian dunia, terutama energi0yang berasal dari pembakaran bahan0fosil. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan limbah panas yang ada pada dinding cyclone suspension preheater untuk dikonversikan menjadi energi listrik. Modul TEG (Thermal Electric Generator) merupakan alat yang dirancangan untuk mengubah energi panas menjadi energi listrik dengan bantuan peltier. Dalam modul terdapat 10 susunan peltier dan 2 waterblock. Pada TEG terdapat sebuah fenomena dimana jika dua buah material0logam semi konduktor tersambung berada pada lingkungan0dengan temperatur yang berbeda maka material tersebut akan mengalirkan0gaya gerak listrik,0fenomena ini dinamakan efek Seebeck. Sisi dingin didapat dari sirkulasi air yang dialirkan dengan waterblock. Dalam penelitian dilakukan variasi bukaan katup air penuh dan bukaan katup air setengah sebagai pendingin. Untuk mengetahui performa TEG dan tegangan listrik yang dihasilkan oleh TEG. Setelah dilakukan pengujian didapatkan bahwa TEG mampu menghasilkan tegangan listrik. Pada katub air bukaan penuh TEG menghasilkan tegangan yang stabil sebesar 26 volt. Pada katub air bukaan setengah menghasilkan tegangan yang stabil sebesar 24 volt. Potensi daya listrik yang dapat dihasilkan oleh TEG ini selama 1 tahun adalah 394.200 kWh/tahun atau sebesar 5,5% dari total energi listrik yang digunakan oleh pabrik PT. Semen Padang dalam 1 tahun

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Adjar Pratoto
Uncontrolled Keywords: cyclone suspension preheater, Thermal Electric Generator (TEG), efek Seebeck
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:44
Last Modified: 20 Feb 2024 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461908

Actions (login required)

View Item View Item