HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN RASIO LINGKAR PINGGANG-TINGGI BADAN DENGAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA SMA ADABIAH KOTA PADANG

Muhammad, Farhan Hendry (2024) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN RASIO LINGKAR PINGGANG-TINGGI BADAN DENGAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA SMA ADABIAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia. Faktor yang dapat memengaruhi terjadinya hipertensi salah satunya adalah obesitas. Obesitas pada remaja ditandai dengan indeks massa tubuh (IMT) yang berlebih dan rasio lingkar pinggang-tinggi badan (RLPTB) yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara indeks massa tubuh dan rasio lingkar pinggang-tinggi badan dengan tekanan darah pada remaja SMA Adabiah Kota Padang. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional menggunakan teknik pengambilan sampel proporsionate stratified random sampling pada 135 responden dengan melakukan pengukuran indeks massa tubuh, rasio lingkar pinggang-tinggi badan dan tekanan darah. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian kepada 135 responden, didapatkan responden terbanyak merupakan remaja kelas X (51.1%), berusia 16 tahun (51.1%), dan berjenis kelamin perempuan (60%). Sebanyak 92 responden (68,1%) memiliki IMT normal, 29 responden (21,5%) IMT lebih, dan 14 responden (10,4%) IMT kurang. Sebanyak 108 responden (80%) memiliki RLPTB normal dan 27 responden (20%) RLPTB tinggi. Hasil uji Chi-Square menunjukan terdapat hubungan bermakna antara indeks massa tubuh dan rasio lingkar pinggang-tinggi badan dengan tekanan darah pada remaja SMA Adabiah Kota Padang dengan p-value masing-masing 0,000 (p<0,05). Obesitas dapat menyebabkan terjadinya hipertensi karena dapat terjadinya peningkatan asam lemak bebas, insulin, leptin, aldosteron dan peningkatan aktivitas renin angiostensin akan menstimulasi peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis yang mengakibatkan naiknya tekanan darah. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat hubungan yang bermakna antara indeks massa tubuh dan rasio lingkar pinggang-tinggi badan dengan tekanan darah pada remaja SMA Adabiah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Arni Amir, MS
Uncontrolled Keywords: remaja, obesitas, hipertensi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:29
Last Modified: 07 Feb 2024 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461871

Actions (login required)

View Item View Item