KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) RAKYAT (STUDI KASUS: KECAMATAN TIUMANG KABUPATEN DHARMASRAYA)

Zumroatun Nikmah, Zumroatun (2024) KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) RAKYAT (STUDI KASUS: KECAMATAN TIUMANG KABUPATEN DHARMASRAYA). Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (full teks)
SKRIPSI UTUH_ZUMROATUN NIKMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keanekaragaman serangga merupakan suatu keadaan dimana adanya beraneka macam serangga yangada pada suatu wilayah tertentu. Serangga tanah berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Semakin beranekaragam serangga tanah yang ada pada suatu ekosistem, maka tanah semakin kaya akan hara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, dan jenis serangga tanah pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Tiumang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Penentuan lokasi sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel adalah 60 sampel dengan 2 kali ulangan, dengan total keseluruhan 120 sampel. Pengamatan dilakukan menggunakan mikroskop dan serangga permukaan tanah dikelompokkan berdasarkan ordo, famili dan spesies. Hasil penelitian menunjukkan Indeks keanekaragaman tertinggi didapatkan di Nagari Sipakur dengan jenis lahan TM (7 tahun) sebesar 1,77, sedangkan indeks keanekaragaman terendah didapatkan di Nagari Sungai Langkok dengan jenis lahan TM (10 tahun), sebesar 1,38. Indeks kemerataan tertinggi di Koto Beringin dengan jenis lahan TBM (3,5 tahun), sebesar 0,79. Indeks kemerataan terendah di Nagari Koto Beringin dengan jenis lahan TBM (2,5 tahun), yaitu sebesar 0,66. Indeks kesamaan tertinggi terdapat di Nagari Sipangkur dengan jenis lahan TM (7 tahun) dan Nagari Koto Beringin dengan jenis lahan TBM (2,5 tahun) sebesar 0,95 atau 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy hamid. Sp, M. Si
Uncontrolled Keywords: Serangga tanah, keanekaragaman, kelapa sawit, Tiumang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:48
Last Modified: 28 Feb 2024 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461824

Actions (login required)

View Item View Item