PENENTUAN NILAI TIPIKAL PADA PEMERIKSAAN CT-SCAN BAGIAN HEAD, CHEST, DAN ABDOMEN DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Wafi, Muthia Dewanti (2023) PENENTUAN NILAI TIPIKAL PADA PEMERIKSAAN CT-SCAN BAGIAN HEAD, CHEST, DAN ABDOMEN DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
bab 5.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text + turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penentuan nilai tipikal pada Computed Tomography Scanner (CT-Scan) di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian bertujuan untuk menentukan, mengevaluasi, membandingkan, dan menganalisis nilai tipikal terhadap indikator dosis yaitu Computed Tomography Dose Index Volume (CTDIvol) dan Dose Length Product (DLP) pada pemeriksaan head, chest, dan abdomen media kontras dan non-kontras. Metode untuk menentukan nilai tipikal yaitu dari analisis median (Q2) menggunakan data pasien dewasa (≥15 tahun) dengan massa tubuh normal (60 ± 10) kg dengan total pasien 586 selama 3 bulan. Evaluasi nilai tipikal berdasarkan Tingkat Panduan Diagnostik (TPD) regional Sumatera dan TPD nasional. Perbandingan nilai tipikal berdasarkan TPD beberapa negara. Analisis nilai tipikal dilakukan dengan uji korelasi pearson antara usia, massa tubuh, mAs, dan dosis efektif terhadap CTDIvol dan DLP. Hasil nilai tipikal dosis pada pemeriksaan head contrast, head non-contrast, chest contrast, chest non-contrast, abdomen contrast, dan abdomen non-contrast untuk CTDIvol dan DLP berturut-turut (23,5; 30; 8,9; 10; 14; dan 16,4) mGy dan (1186,3; 567,8; 907,3; 496; 2995,1; dan 900,5) mGy.cm. Nilai CTDIvol yang diperoleh berada di bawah nilai CTDIvol sedangkan nilai DLP di atas nilai DLP regional Sumatera dan Nasional. Nilai CTDIvol relatif lebih kecil sedangkan nilai DLP relatif lebih besar daripada nilai CTDIvol dan DLP beberapa negara. Dosis efektif memiliki korelasi yang sangat tinggi terhadap DLP dan mAs memiliki korelasi yang sangat tinggi terhadap CTDIvol dan DLP. Massa tubuh memiliki korelasi yang relatif tinggi terhadap CTDIvol dan DLP, kecuali pada pemeriksaan bagian head. Usia memiliki korelasi yang relatif cukup terhadap CTDIvol dan DLP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita, M.Si
Uncontrolled Keywords: Nilai Tipikal, Computed Tomography Scanner (CT-Scan), Computed Tomography Dose Index Volume (CTDIvol), Dose Length Product (DLP)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 05 Feb 2024 05:04
Last Modified: 05 Feb 2024 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461645

Actions (login required)

View Item View Item