HUBUNGAN TINGKAT PERSONAL HYGIENE DENGAN STATUS INFEKSI PROTOZOA USUS PADA ANAK DI PANTI ASUHAN WILAYAH KOTA PADANG TAHUN 2023

Utami, Mayfa Rahmania (2024) HUBUNGAN TINGKAT PERSONAL HYGIENE DENGAN STATUS INFEKSI PROTOZOA USUS PADA ANAK DI PANTI ASUHAN WILAYAH KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Utami Mayfa Rahmania.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Personal hygiene merupakan cara seseorang untuk menjaga kebersihan pribadinya. Panti asuhan yang merupakan lembaga kesejahteraan sosial cenderung memiliki keuangan yang tidak stabil sehingga memiliki fasilitas yang terbatas untuk menunjang personal hygiene. Penerapan personal hygiene yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit akibat infeksi, seperti infeksi protozoa usus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat personal hygiene dengan status infeksi protozoa usus pada anak panti asuhan di wilayah Kota Padang tahun 2023.Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan di panti asuhan Khusus Anak Mentawai, panti asuhan Al Falah, dan panti asuhan Syafri Moesa dari Oktober hingga November 2023. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 orang di mana sampel feses diperiksa dengan metode pemeriksaan langsung dan Ziehl neelsen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis bivariat pada penelitian ini menggunakan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan α = (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (67,19%) memiliki tingkat personal hygiene buruk dan kejadian infeksi protozoa usus sebesar 39,06%. Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat personal hygiene dengan status infeksi protozoa usus pada anak panti asuhan di wilayah Kota Padang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Selfi Renita Rusjdi
Uncontrolled Keywords: Personal hygiene, infeksi protozoa usus, anak panti asuhan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:51
Last Modified: 01 Feb 2024 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461565

Actions (login required)

View Item View Item