Pengembangan Sistem Kontrol dan Monitoring pada Sistem Vertikal Farming Tipe Rak Berbasis Website Internet of Things dan Aplikasi

Muhammad, Zikri (2024) Pengembangan Sistem Kontrol dan Monitoring pada Sistem Vertikal Farming Tipe Rak Berbasis Website Internet of Things dan Aplikasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan populasi penduduk yang meningkat setiap tahunnya, mengakibatkan minimnya ketersediaan lahan untuk pertanian, terutama didaerah perkotaan. Sistem vertikal merupakan salah satu upaya yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, terutama pada daerah yang memiliki lahan terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem vertikal farming dengan kontrol dan monitoring berbasis website Internet of Things dan aplikasi pada tanaman sawi hijau. Sistem kontrol menggunakan soil moisture sensor, sensor DHT-22, sensor intensitas cahaya BH1750, yang dilengkapi dengan ESP32 sebagai mikrokontroler yang akan mengirim data ke website ThinkSpeak dan ditampilkan di aplikasi monitoring smartphone. Hasil analisis regresi rata-rata sensor kelembaban tanah, sensor DHT-22 terhadap suhu dan kelembaban, serta Intensitas cahaya berturut-turut adalah 0,9992, 0,9992, 0,9998, dan 0,9991. Hasil pengamatan untuk tanaman didapatkan rata-rata tinggi tanaman sistem dan tanaman kontrol berturut-turut yaitu 25,7 cm dan 22,2 cm, sedangkan untuk berat rata-rata panen tanaman sistem dan tanaman kontrol berturut-turut adalah 78,3 g dan 76, 4 g. Dari hasil penelitian, sistem vertikal farming yang digunakan lebih efisien dibandingkan dengan penggunakan sistem konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ashadi Hasan, S.TP, M. Tech
Uncontrolled Keywords: Sistem Kontrol, Vertikal Farming, Sawi Hijau, Internet of Things, Thinkspeak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:55
Last Modified: 30 Jan 2024 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461523

Actions (login required)

View Item View Item