Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Paritas terhadap Kejadian Kanker Ovarium Subtipe High Grade Serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Thanya, Amoret Alya Murizal (2024) Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Paritas terhadap Kejadian Kanker Ovarium Subtipe High Grade Serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB 7 Daftar Pustaka)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kanker ovarium adalah kanker dengan kasus terbanyak ke-8 pada wanita di seluruh dunia. High grade serous carcinoma (HGSC) merupakan subtipe kanker ovarium dengan kasus dan tingkat kematian tertinggi dibanding tipe lainnya. Oleh karena itu diperlukan pendekatan melalui tindakan preventif dengan meninjau faktor risiko yang mendasari penyakit ini. Indeks massa tubuh dan paritas adalah faktor risiko kanker ovarium yang dapat dimodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dan paritas terhadap kanker ovarium subtipe high grade serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang menggunakan data rekam medis pasien kanker epitel ovarium di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2021 hingga 2022 dengan sampel sebanyak 129 pasien. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi-square. Karakteristik pasien kanker epitel ovarium pada umumnya berusia >50 tahun (55%), sudah menopause (65,9%), tidak obesitas (77,5%) dan merupakah wanita parous (76%). Hasil penelitian menyimpulkan tidak terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dan paritas terhadap kejadian kanker ovarium subtipe high grade serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Kanker ovarium adalah kanker dengan kasus terbanyak ke-8 pada wanita di seluruh dunia. High grade serous carcinoma (HGSC) merupakan subtipe kanker ovarium dengan kasus dan tingkat kematian tertinggi dibanding tipe lainnya. Oleh karena itu diperlukan pendekatan melalui tindakan preventif dengan meninjau faktor risiko yang mendasari penyakit ini. Indeks massa tubuh dan paritas adalah faktor risiko kanker ovarium yang dapat dimodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dan paritas terhadap kanker ovarium subtipe high grade serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang menggunakan data rekam medis pasien kanker epitel ovarium di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2021 hingga 2022 dengan sampel sebanyak 129 pasien. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi-square. Karakteristik pasien kanker epitel ovarium pada umumnya berusia >50 tahun (55%), sudah menopause (65,9%), tidak obesitas (77,5%) dan merupakah wanita parous (76%). Hasil penelitian menyimpulkan tidak terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dan paritas terhadap kejadian kanker ovarium subtipe high grade serous di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Syamel Muhammad, Sp.OG(K)
Uncontrolled Keywords: Body Mass Index, Parity, Ovarian Cancer, HGSC
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:00
Last Modified: 29 Jan 2024 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461484

Actions (login required)

View Item View Item