PENYUSUNAN STANDAR TEKNIS ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN RSKM PADANG EYE CENTER – AGAM

Ismail, Ismail (2024) PENYUSUNAN STANDAR TEKNIS ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN RSKM PADANG EYE CENTER – AGAM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (939kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (Tugas Akhir - Fulltext)
Tugas Akhir - Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan RSKM Padang Eye Center – Agam -tentunya akan berdampak terhadap lalu lintas di sekitarnya terutama sirkulasi dan pembebanan jalan yang disebabkan oleh tarikan dan bangkitan pada rumah sakit. Dampak lalu lintas sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-undang No.22 tahun 2009 dan penjelasannya pada Peraturan Pemerintah (PP) No.32 tahun 2011 menyatakan “Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib dilakukan analisis dampak lalu lintas (Andalalin)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa besar dampak lalu lintas yang akan ditimbulkan setelah rumah sakit beroperasi. Dampak tersebut dilihat dari nilai pembebanan lalu lintas, kinerja jalan (derajat Kejenuhan/DS), dan sirkulasi pergerakan. Metode yang digunakan adalah dengan memperkirakan tarikan dan bangkitan pada rumah sakit tersebut setelah beroperasi melalui pendekatan pemodelan tarikan dan bangkitan rumah sakit setara yang telah beroperasi. Pemodelan dilakukan dengan analisis regresi linier. Perkiraan jumlah tarikan dan bangkitan tersebut akan dibebankan pada Jl. Raya Pasia sehingga diketahui kinerja jalan setelah RSKM Padang Eye Center – Agam beroperasi. Dari hasil analisa data, besar pembebanan lalu lintas di Jl. Raya Pasia setelah rumah sakit tersebut beroperasi adalah 1144 smp/jam. Sedangkan kinerja ruas Jl. Raya Pasia berdasarkan nilai Volume Capasity Ratio (VCR) untuk kondisi pra konstruksi, saat konstruksi, saat operasional dan operasional setelah 5 tahun secara berurutan adalah 0,37; 0,38; 0,41 dan 0,49. Dampak lalu lintas yang ditimbulkan adalah kecil, sehingga tidak diperlukan solusi / penanganan khusus. Tetapi perlu dilakukan pengaturan lalu lintas agar gangguan yang menyebabkan kelancaran arus lalu lintas di Jl. Raya Pasia dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. ELITA AMRINA, M.Eng, Ph.D, IPU, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: Bangkitan dan Tarikan, Andalalin, Regresi Linier, VCR
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:12
Last Modified: 30 Jan 2024 02:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461441

Actions (login required)

View Item View Item