KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) RAKYAT (STUDI KASUS: KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA)

DIAS, LAILA NURAHMA (2024) KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) RAKYAT (STUDI KASUS: KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK DIAS LAILA NURAHMA.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI DIAS LAILA NURAHMA 1810241006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Serangga tanah adalah serangga yang hidup di dalam tanah maupun di atas permukaan tanah. Keanekragaman serangga tanah dapat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, dan jenis serangga tanah pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya pada umur tanaman dan lokasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria lokasi yang dijadikan lahan penelitian 3 Tanaman Menghasilkan (TM) dan 3 Tanaman Belum Menghasilkan (TBM). Setiap lahan diambil 10 titik sampel, kemudian pada setiap titik sampel dipasang perangkap jebak (pitfall trap) yang diletakkan secara acak pada garis diagonal di lahan tersebut. Total jumlah perangkap pada 6 lokasi penelitian yaitu 60 perangkap. Jumlah serangga tanah yang ditemukan pada 6 lokasi penelitian sebanyak 1.011 individu yang termasuk ke dalam 5 ordo dan 8 famili. Serangga tanah yang paling banyak ditemukan yaitu Ordo Hymenoptera Famili Formicidae sebanyak 453 individu, sedangkan serangga tanah yang sedikit ditemukan yaitu Ordo Blattodea Famili Blattidae sejumlah 5 individu. Indeks keanekaragaman dan indeks kemerataan tertinggi terdapat pada Nagari Sialang Gaung dengan jenis lahan Tanaman Belum Menghasilkan sebesar 1,59 dan 0,72. Nilai indeks kesamaan spesies tertinggi didapatkan pada Nagari Sialang Gaung dengan jenis lahan Tanaman Menghasilkan dan Tanaman Belum Menghasilkan sebesar 0,90 atau 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP. M.Si
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, kelapa sawit, serangga tanah, tanaman belum menghasilkan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:49
Last Modified: 24 Jan 2024 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461407

Actions (login required)

View Item View Item