Efektifitas Beberapa Formula Cair dan Lama Penyimpanan Bacillus thuringiensis Untuk Pertumbuhan Tanaman Cabai (Capsicum annum L.) dan Pengendalian Kutu Kebul (Bemisia tabaci Gennadius)

Zafirah, Rama Nelsya (2023) Efektifitas Beberapa Formula Cair dan Lama Penyimpanan Bacillus thuringiensis Untuk Pertumbuhan Tanaman Cabai (Capsicum annum L.) dan Pengendalian Kutu Kebul (Bemisia tabaci Gennadius). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bemisia tabaci merupakan salah satu hama pada tanaman cabai yang dapat menjadi vektor virus sehingga kerusakan dapat mencapai 100% jika tidak dilakukan upaya pengendalian yang tepat. Bakteri endofit dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap B. tabaci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula limbah cair dan lama penyimpanan terbaik yang mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai serta mengendalikan B. tabaci. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Rumah Kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli hingga Desember 2022. Penelitian ini merupakan percobaan eksperimental dengan percobaan faktorial dua faktor yang menggunakan rancangan dasar Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah formula limbah cair, yaitu tanpa limbah cair, limbah cair tahu (LCT), limbah cair kelapa (LCK), dan limbah cair tahu + limbah cair kelapa (LCT + LCK). Faktor kedua adalah lama penyimpanan yang terdiri dari 0, 2, 4, dan 6 minggu penyimpanan. Variabel pengamatan pada tahap perkecambahan yaitu tinggi bibit, dan jumlah daun bibit, sedangkan untuk tanaman di polybag, yaitu tinggi tanaman, jumlah daun tanaman, dan jumlah individu B. tabaci yang bertahan pada tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan bibit cabai yaitu LCT yang disimpan 2 minggu. Formula terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai yaitu LCK yang disimpan 2 minggu. Formula terbaik yang mampu menurunkan perkembangan jumlah individu B. tabaci yaitu LCT yang disimpan 2 minggu, LCT disimpan 6 minggu, LCK disimpan 2 minggu, dan LCT + LCK disimpan 6 minggu. Kata kunci: B. tabaci, B. thuringiensis, cabai, formula limbah cair, lama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP. M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:25
Last Modified: 19 Jan 2024 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461338

Actions (login required)

View Item View Item