Pengembangan Fitur Paket Wisata dan Homestay Prototype Geographic Information System Desa Wisata Green Talao Park Ulakan Berbasis Web dan Mobile

Mutiara, Raudhatul Jannah (2024) Pengembangan Fitur Paket Wisata dan Homestay Prototype Geographic Information System Desa Wisata Green Talao Park Ulakan Berbasis Web dan Mobile. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER TA.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Full Tugas Akhir)
Full Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Desa wisata adalah suatu wilayah dengan potensi keunikan yang khas dengan fasilitas pendukung untuk menarik kunjungan wisatawan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat yang berkelanjutan. Namun, berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan paket wisata dan homestay, desa wisata mengalami beberapa permasalahan. Pada pemesanan paket wisata biasanya masih dilakukan secara konvensional melalui kontak yang tersedia atau datang langsung ke kantor, lalu dicatat pada buku atau aplikasi Excel dari Microsoft. Sedangkan pada pengembangan homestay masalah yang dialami adalah tidak meratanya pemesanan homestay karena promosi dilakukan secara mandiri oleh pemilik homestay dan reservasi yang masih dilakukan secara konvensional. Pada Desa Wisata Green Talao Park (GTP) Ulakan yang merupakan salah satu desa penerima 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, aplikasi yang telah dikembangkan sebelumnya belum memuat fitur pemesanan paket wisata dan reservasi homestay. Untuk mengatasinya akan dilakukan pengembangan fitur paket wisata dan homestay pada prototype GIS GTP Ulakan. Penelitian menggunakan metode riset dan pengembangan. Riset dilaksanakan dengan menganalisis kajian literatur, mempelajari aplikasi sejenis, dan memahami kebutuhan pengguna. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Javascript dengan framework CodeIgniter, B4A (Basic for Android), basis data MySQL, dan peta Google Maps untuk menampilkan informasi spasial yang interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 09 Jan 2024 09:07
Last Modified: 09 Jan 2024 09:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461191

Actions (login required)

View Item View Item