EKSPRESI GEN HPT1 PADA KONDISI AGROKLIMAT BERBEDA SELAMA BIOSINTESIS VITAMIN E PADA BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.)

Arrajul, Adib (2024) EKSPRESI GEN HPT1 PADA KONDISI AGROKLIMAT BERBEDA SELAMA BIOSINTESIS VITAMIN E PADA BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Skripsi Utuh)
SKRIPSI ARRAJUL ADIB.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan salah satu tanaman dari famili Asteraceae yang menghasilkan minyak nabati. Ketinggian tempat memiliki paparan radiasi UV yang lebih lama dan lebih banyak pada tumbuhan di dataran tinggi yang dapat memicu berlimpahnya produk hasil fotosintesis. Tempat tumbuh berkorelasi positif terhadap jumlah kandungan α-tokoferol. Senyawa tokoferol dikendalikan oleh gen-gen yang berperan dalam biosintesis vitamin E. Ekspresi berlebih gen HPT1 meningkatkan tokoferol dan tokotrienol hingga maksimum 15 kali lipat pada biji dan daun. Percobaan ini bertujuan mengetahui perbedaan kondisi agroklimat terhadap level ekspresi gen HPT1 selama biosintesis vitamin E pada bunga matahari. Percobaan ini telah dilaksanakan di Koto Panjang Ikua Koto, Alahan Panjang, Laboratorium Bioteknologi dan Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang, pada bulan Agustus hingga Desember 2022. Penelitian ini disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 taraf perlakuan yakni penanaman bunga matahari di dataran tinggi Alahan Panjang dan dataran rendah Kota Padang yang masing-masing terdiri dari 10 tanaman. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji F pada tingkat signifikansi 5%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa perbedaan kondisi agroklimat mempengaruhi level ekspresi gen HPT1 dengan nilai 1,12 sampai 5,97 kali lipat dan kadar vitamin E masing-masing dataran rendah sebesar 1,24 µg/mL dan dataran tinggi sebesar 5,58 µg/mL. Kata Kunci : bunga matahari, HPT1, ketinggian tempat, vitamin E

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, SP .MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:30
Last Modified: 09 Jan 2024 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461186

Actions (login required)

View Item View Item