PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK STEVIA (Stevia rebaudiana Bertoni) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK CAMPURAN TEH DAUN KELOR DAN TEH OOLONG

Lukman, Hakim (2024) PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK STEVIA (Stevia rebaudiana Bertoni) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK CAMPURAN TEH DAUN KELOR DAN TEH OOLONG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) terhadap karakteristik fisiokimia dan rganoleptik teh daun kelor dan teh oolong. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. analisis data menggunakan ANOVA dan uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Perlakuan pada penelitian ini adalah tingkat penambahan bubuk daun stevia A (7%), B (14%), C (21%), D (28%), dan E (35%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan serbuk stevia berpengaruh terhadap hasil analisis kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, total polifenol, uji angka lempeng total dan organoleptik (warna, aroma, dan rasa). Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan E (penambahan bubuk daun stevia 35%) dengan rata-rata kadar air (6,89%), kadar abu (5,11%), aktivitas antioksidan (61,79%), total polifenol (98,27mgGAE/gr), ALT total (3,1 x 102) dan rata-rata nilai uji organoleptik warna (4,2 suka), aroma (3,12 cukup suka), dan rasa (3,16 cukup suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Aisman, M.Si
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Daun Kelor, Karakteristik, Polifenol, Stevia, Teh Oolong.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:17
Last Modified: 09 Jan 2024 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461140

Actions (login required)

View Item View Item