PEMBERIAN HAK-HAK NARAPIDANA DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN KHUSUS NARAPIDANA PENDERITA HIV/AIDS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KOTA PADANG

Maharani, Meza Putri (2019) PEMBERIAN HAK-HAK NARAPIDANA DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN KHUSUS NARAPIDANA PENDERITA HIV/AIDS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap narapidana berada di dalam lembaga pemasyarakatan mendapat jaminan terhadap salah satu hak narapidana yaitu hak mendapat pelayanan kesehatan. Seperti yang diatur pasal 14 ayat 1 huruf d Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yang mengatakan bahwa “Narapidana berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak”. Hak narapidana ini dilaksanakan oleh pemerintah. Salah satunya hak tersebut juga terdapat dalam narapidana yang terjangkit HIV/AIDS khususnya dilapas kelas IIA Padang. Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan mengenai hak-hak narapidana dan Pasal 16 ayat 3 Peraturan Pemerintahan No. 32 tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan narapidana penderita HIV/AIDS berhak mendapatkan perawatan secara khusus karena HIV merupakan penyakit menular (mematikan) karena dalam dunia medis tidak ada obat dalam penyembuhan penyakit HIV ini karena itu perlunya pelayanan kesehatan di lapas untuk menjamin kesehatan narapidana yg berada dilingkungan lapas terhadap narapidana penderita HIV/AIDS. Permasalahannya yaitu 1. Bagaimana Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan terhadap Narapidana khusus penderita HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Padang sebagai Hak-Hak Narapidana 2.Apa saja Kendala-Kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Padang dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan terhadap Narapidana khusus penderita HIV/AIDS. Dan metode penelitian yang dipakai dalam skripsi ini yaitu yuridis sosilogis. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu:1. Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Terhadap Narapidana Khusus Penderita HIV/AIDS Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang Sebagai Hak-Hak Narapidana. 2. pelaksanaan Kesehatan Terhadap Narapidana Khusus Penderita HIV/AIDS Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang salah satunya adalah Persamaan perlakuan dan pelayanan yaitu screening, tahapan screening ini meliputi : Penyuluhan terkait HIV/AIDS, Pengecekan Darah, Pemberian obat. 2. Kendala-kendala oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan terhadap Narapidana Penderita HIV/AIDS yaitu : kendala-kendala dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap Narapidana penderita HIV/AIDS berupa : Kurangnya sarana dan prasana (fasilitas), Penjaminan dari keluarga, Kurangnya pemahaman dari petugas lapas terkait pengetahuan dari HIV/AIDS, Masih kurangnya seminar-seminar atau penyuluhan yang dilakukan oleh pihak lapas terkait HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 May 2019 12:12
Last Modified: 27 May 2019 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46112

Actions (login required)

View Item View Item