Uji Efektifitas Beberapa Jenis Atraktan untuk Mengendalikan Hama Lalat Buah (Bactrocera spp.) pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di Kelurahan Balai Gadang Kota Padang

Khairun, Nisa (2024) Uji Efektifitas Beberapa Jenis Atraktan untuk Mengendalikan Hama Lalat Buah (Bactrocera spp.) pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di Kelurahan Balai Gadang Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Uji Efektifitas Beberapa Jenis Atraktan untuk Mengendalikan Hama Lalat Buah (Bactrocera spp.) pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di Kelurahan Balai Gadang Kota Padang ABSTRAK Lalat buah merupakan hama utama pada tanaman cabai merah yang perlu diidentifikasi untuk pengendaliannya. Berbagai jenis atraktan tersedia secara komersial di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis atraktan yang paling efektif dalam mengendalikan populasi hama lalat buah pada tanaman cabai. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan berupa petrogenol, rongit glue, chery glue dan lem metilat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesies lalat buah yang ditemukan pada pertanaman cabai di Kelurahan Balai Gadang, Kota Padang adalah Bactrocera dorsalis dan B. carambolae. Atraktan yang paling banyak memerangkap lalat buah adalah petrogenol dengan rata-rata lalat buah yang terperangkap selama empat kali pengamatan adalah 45.40 individu/perangkap/minggu. Jenis serangga lain yang terperangkap pada semua perlakuan yaitu Tonggeret, wereng daun, kupu-kupu, ngengat, Opius sp, walang sangit, kumbang bunga, kumbang koksi, lalat hijau, lalat rumah, tawon, capung dan belalang. Kata kunci : Atraktan, Lalat buah, Pengendalian, Tanaman cabai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hidrayani, MSc
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:14
Last Modified: 09 Jan 2024 02:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461063

Actions (login required)

View Item View Item