PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM PROSES PERUBAHAN DATA KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SMART DUKCAPIL

AL KHORI, REZKI (2023) PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM PROSES PERUBAHAN DATA KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SMART DUKCAPIL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak oke.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
Bab IV Pennutup.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Data Kependudukan adalah data perseorangan dan/atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil dari kegiatan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Pendaftaran Penduduk adalah pencatatan biodata Penduduk, pencatatan atas pelaporan Peristiwa Kependudukan dan pendataan Penduduk rentan Administrasi Kependudukan serta penerbitan Dokumen Kependudukan berupa kartu identitas atau surat keterangan kependudukan. Peristiwa Kependudukan adalah kejadian yang dialami Penduduk yang harus dilaporkan karena membawa akibat terhadap penerbitan atau perubahan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan/atau surat keterangan kependudukan lainnya meliputi pindah datang, perubahan alamat, serta status tinggal terbatas menjadi tinggal tetap. Administrasi Kependudukan di atur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Di Kabupaten Lima Puluh Kota sendiri masih rendahnya cakupan kepemilikan kartu penduduk dan tingkat akurasi elemennya. Padahal akurasi dan elemen data terbaru tersebut di kartu keluarga itu sangatlah penting. Ini bersangkutan juga untuk arah pembangunan daerah ke depannya, juga bagi pemilik data juga penting. Dalam hal pendaftaran kependudukan serta perubahan data kependudukan itu diminta juga peran aktif dari masyarakat serta kejujuran masyarakat. Dinas Kependudukan dan PencatatanSipil Kabupaten Lima Puluh Kota juga menemukan masih rendahnya jumlah kepemilikan identitas penduduk Kabupaten Lima Puluh Kota pada penduduk pendatang, baik dari luar kabupaten maupun warga asing dan masih rendahnya cakupan akta Pencatatan Sipil. Angka jumlah penduduk yang rentan administrasi kepdendudukan juga masih tinggi di Kabupaten Lima Puluh Kota. Salah satu dampak nyata yang dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota dari data kependudukan tidak diperbaharui baru ini adalah tidak tepat sasarannya bantuan sosial masyarakat yang dikeluarkan pemerintah pusat. Maka dari itu untuk memudahkan masyarakat yang merubah administrasi kependudukan di Kabupaten Lima Puluh Kota maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi dengan aplikasi Smart Dukcapil yaitu aplikasi pelayanan secara daring semua kegiatan Pencatatan Sipil. Jadi masyarakat tidak perlu datang lagi ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan perubahan data kependudukan. Kata Kunci : Perubahan Data, Data Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Anton Rosari SH,MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:08
Last Modified: 08 Jan 2024 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461062

Actions (login required)

View Item View Item