Ananda Putra, Rangga (2023) STUDI PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM PADA BUS TRANS PADANG PADA KORIDOR VI (PUSAT KOTA-UNIVERSITAS ANDALAS). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Salah satu dampak dari salah satu peningkatan kebutuhan transportasi di Kota Padang ditandai dengan kepemilikan kendaraan bermotor pribadi yang jika tidak dilakukan usaha untuk meningkatkan kapasitas ruas jalan maka akan menimbulkan kemacetan. Perkembangan yang cukup pesat di bidang transportasi yang terjadi di Kota Padang pada akhirnya membuat pemerintah meluncurkan sebuah inovasi baru berupa bus yang memberikan layanan yang cepat, nyaman, serta memiliki kapasitas angkut yang besar. Menurut hasil observasi yang telah dilakukan pada studi sebelumnya, menunjukan bahwa tidak sedikit masyarakat yang mengeluh dengan efektivitas dari Bus Trans Padang. Keluhan ini menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap Bus Trans Padang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan operasional dan keselamatan pada Bus Trans Padang dalam standar pelayanan minimum berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan data dari hasil penelitian ini secara keseluruhan, untuk kepuasan terhadap kualitas pelayanan Bus Trans Padang dilihat dari lima dimensi servqual memilki kinerja yang sudah baik menurut penumpang serta harapan penumpang sudah terpenuhi. Digunakan diagram kartesius untuk menggambarkan posisi atribut-atribut yang memetakan tingkat kepentingan penumpang. Hasil yang didapat menunjukan pada atribut yang berada di kuadran D dianggap kinerjanya sudah baik bahkan bahkan cenderung melebihi dari apa yang diinginkan oleh penumpang, yang mana terdapat dua poin atribut yang memiliki skor tingkat kesesuaian yang cukup tinggi serta memiliki gap yang cukup dekat. Dilihat dari semua posisi hasil pemetaan atribut pada diagram kartesius dapat diketahui bahwasanya atribut paling banyak terdapat di kuadran B, hal ini merupakan suatu pencapaian yang baik dari penyedia layanan Bus Trans Padang. Berdasarkan pemetaan IPA, atribut kualitas pelayanan Bus Trans Padang menyebar di empat kuadran Kartesius dan masih terdapat atribut-atribut yang perlu ditingkatkan kinerjanya. Menurut penumpang, kualitas Bus Trans Padang sudah memuaskan dan sudah memenuhi harapan. Kata kunci : analisis kuadran, angkutan umum, tingkat kesesuaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | BAYU MARTANTO ADJI, Ph, D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 06:48 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 06:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461054 |
Actions (login required)
View Item |