ANALISIS KRIPTOGRAFI RIVEST-SHAMIR-ADLEMAN PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL DENGAN METODE CLIENT-SERVER DAN SOCKET PROGRAMMING

Pramudhio, Fajriand (2023) ANALISIS KRIPTOGRAFI RIVEST-SHAMIR-ADLEMAN PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL DENGAN METODE CLIENT-SERVER DAN SOCKET PROGRAMMING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi pada aplikasi Internet of Things (IoT) yang digunakan pada setiap lini kehidupan mempermudah kehidupan dengan otomatisasinya. Perkembangan teknologi komunikasi sejalan dengan ancaman pada komunikasi data yang terjadi pada IoT. Salah satu langkah antisipasi serangan pada komunikasi data adalah menggunakan kriptografi. Kriptografi berperan untuk mengamankan data yang dikirim pada komunikasi data, sehingga apabila data diperoleh oleh pihak ketiga, data yang diperoleh akan berupa data hasil enkripsi. Proses kriptografi menggunakan langkah ekstra untuk mengamankan data dan dapat berpengaruh pada QoS (Quality of Service) jaringan. Maka dilakukan analisis pengaruh kriptografi Rivest-Shamir-Adleman (RSA) kepada jaringan sensor nirkabel untuk mendeteksi gerak benda menggunakan metode client-server dan socket programming. Penelitian ini melakukan pengujian pada dua jenis protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) menggunakan transkripsi RSA dan tanpa transkripsi dengan parameter yang dibandingkan adalah nilai QoS throughput dan delay. Pada pengujian dengan transkripsi protokol TCP didapatkan throughput sebesar 46,632 Kbps dan delay sebesar 22,7 ms. Pada protokol UDP didapatkan throughput sebesar 114,605 Kbps dan delay sebesar 20,9 ms. Untuk pengujian tanpa transkripsi protokol TCP didapatkan throughput sebesar 34,25 Kbps dan delay sebesar 20,9 ms. Pada protokol UDP didapatkan throughput sebesar 152,42 Kbps dan delay sebesar 3,61 ms. Nilai delay pada protokol TCP dan UDP dengan transkripsi lebih lama karena ada algoritma tambahan yang dieksekusi untuk melakukan pembuatan dan distribusi key serta proses enkripsi dan dekripsi pesan yang menambah beban pada sisi client dan server. Nilai throughput pada protokol TCP lebih besar untuk komunikasi dengan transkripsi karena peningkatan delay tidak lebih besar dibanding peningkatan ukuran tiap packet yang dikirimkan pada komunikasi data. Peningkatan nilai throughput tidak serta merta membuat kualitas komunikasi data lebih baik, karena pada kasus ini banyak packet per detik yang dikirimkan lebih sedikit untuk komunikasi yang menggunakan transkripsi dengan 44,02 paket per detik pada protokol TCP dan 48,08 paket per detik pada protokol UDP dibanding tanpa transkripsi dengan 49,56 paket per detik pada protokol TCP dan 68,8 paket per detik pada protokol UDP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Darmawan, M.Sc
Uncontrolled Keywords: IoT (internet of things), kriptografi, QoS (quality of service), Rivest-shamir-adleman, socket programming, TCP (transmission control protocol), UDP (user datagram protocol)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:44
Last Modified: 08 Jan 2024 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461039

Actions (login required)

View Item View Item