Kinerja Penyisihan Nitrogen dengan Proses Anammox pada Membrane Bioreactor (MBR) dengan Hydraulic Retention Time (HRT) 12 Jam

Meiriska, Mustika Sari (2023) Kinerja Penyisihan Nitrogen dengan Proses Anammox pada Membrane Bioreactor (MBR) dengan Hydraulic Retention Time (HRT) 12 Jam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Full Text)
TA_Meiriska Mustika Sari_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penyisihan nitrogen dengan proses anammox pada membrane bioreactor (MBR) menggunakan biomassa bakteri anammox yang sudah dikultivasi dari lumpur lindi landfill TPA Air Dingin Kota Padang. MBR yang digunakan dilengkapi dengan ultrafiltration (UF) hollow membrane dengan volume reaktor 2 L. Air limbah artifisial mengandung amonium dan nitrit masing-masing dengan konsentrasi 150, 200, dan 250 mg-N/L dialirkan secara kontinu dengan Hydraulic Retention Time (HRT) 12 jam. Reaktor dioperasikan selama 106 hari pada suhu ambien. Kinerja penyisihan nitrogen pada penelitian ini dihitung berdasarkan konsentrasi influen dan efluen amonium, nitrit, dan nitrat yang diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Kinerja penyisihan nitrogen pada MBR untuk parameter Ammonium Conversion Efficiency (ACE), Nitrogen Removal Efficiency (NRE), Nitrogen Removal Rate (NRR) maksimum secara berturut-turut adalah 98,3%; 98,9%; dan 0,98 kg-N/m3h pada Nitrogen Loading Rate (NLR) yaitu 1,15 kg-N/. Rasio -N / -N dan rasio -N / -N bernilai 1,12 dan 0,07. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa proses anammox berjalan dengan baik dan efektif dalam menyisihkan nitrogen yang mengandung amonium dan nitrit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: Anammox, biomassa, HRT, MBR, penyisihan nitrogen, suhu ambien
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:36
Last Modified: 08 Jan 2024 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461034

Actions (login required)

View Item View Item