STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA (Coffea arabica) BINAAN KOPERASI SOLOK RADJO DI NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Hafidz, Setiawan (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA (Coffea arabica) BINAAN KOPERASI SOLOK RADJO DI NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL TEXT (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor internal dan eksternal usahatani kopi arabika binaan Koperasi Solok Radjo di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, (2) Merumuskan strategi untuk mengembangkan usahatani kopi arabika binaan Koperasi Solok Radjo di Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan dengan metode studi kasus (case study). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara langsung, dan studi literatur. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari analisis Matrik IFE memiliki total skor 2,68. Hal ini mengindikasikan bahwa usahatani kopi arabika binaan Koperasi Solok Radjo memiliki posisi internal yang kuat. Selanjutnya di dalam Matriks EFE memiliki total skor 3,18. Hal ini menunjukkan bahwa usahatani kopi arabika binaan Koperasi Solok Radjo merespon kuat terhadap peluang eksternal dan menghindari ancaman yang datang. Kemudian melakukan analisis Matriks SWOT untuk membuat alternatif strategi yang akan di analisis menggunakan Matriks QSPM. Hasil analisis matriks QSPM menetapkan alternatif strategi yang terpilih adalah meningkatkan produksi kopi melalui peningkatan luas areal lahan usahatani kopi dengan skor 6,603. Disamping itu, disarankan meningkatkan kemampuan teknis budidaya seperti meningkatkan keterampilan dalam berusahatani kopi serta tekonologi tepat dalam budidaya dan pengolahan pasca panen untuk meningkatkan kualitas kopi yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nuraini Budi Astuti, SP,M.Si
Uncontrolled Keywords: EFE, IFE, QSPM, Strategi Pengembangan, SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:45
Last Modified: 08 Jan 2024 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461032

Actions (login required)

View Item View Item