PENINGKATAN EKSPRESI GEN IL-1β PENANDA MIGRASI PADA VASCULAR SMOOTH MUSCLE CELLS SEBAGAI MEKANISME PROGRESIVITAS ATEROSKLEROSIS:STUDI IN VITRO

Mutia, Utami (2023) PENINGKATAN EKSPRESI GEN IL-1β PENANDA MIGRASI PADA VASCULAR SMOOTH MUSCLE CELLS SEBAGAI MEKANISME PROGRESIVITAS ATEROSKLEROSIS:STUDI IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7 Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Full Teks Skripsi)
Full Teks Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penyakit kardiovaskular (CVDs) menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia yang banyak disebabkan oleh aterosklerosis pada pembuluh darah dengan karakteristik inflamasi vaskular. Lipopolisakarida merupakan mediator pemicu inflamasi yang menyebabkan migrasi pada vascular smooth muscle cells melalui aktivasi mediator inflamasi seperti IL-1B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian lipopolisakarida terhadap ekspresi gen IL-1β yang dapat meningkatan migrasi pada vascular smooth muscle cells sebagai mekanisme progresivitas aterosklerosis. Jenis Penelitian ini bersifat bersifat analitik menggunakan desain penelitian true experimental-the post test only control group design dengan menggunakan organ culture. Populasi penelitian adalah tikus putih (Rattus novergicus) dengan berat 180-200 gram. Sampel yang digunakan yaitu aorta tikus putih yang diberi lipopolisakarida dengan dosis 10 µg/ml dengan besar sampel yang digunakan berjumlah 12 sampel yang terdiri dari 6 kontrol dan 6 yang diberikan perlakuan lipopolisakarida. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata ekspresi gen IL-1β pada kelompok kontrol dan kelompok yang diberi perlakuan lipopolisakarida berturut-turut yaitu 0,81 dan 1,45. Dari hasil analisis uji Independent T Test ekspresi gen IL-1β didapatkan bahwa nilai p value 0,000. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ekspresi gen IL-1β antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang diberikan lipopolisakarida dengan dosis 10 µg/ml yang dapat menyebabkan terjadinya migrasi pada vascular smooth muscle cells sebagai salah satu mekanisme progresivitas aterosklerosis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hirowati Ali, PhD
Uncontrolled Keywords: Aterosklerosis, Lipopolisakarida, IL-1β, Migrasi VSMCs,
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:14
Last Modified: 08 Jan 2024 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/461031

Actions (login required)

View Item View Item