PEMETAAN PENYEBARAN KASUS PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB DI PUSKESMAS BELIMBING KOTA PADANG

Vrischa, Vella Ravany (2019) PEMETAAN PENYEBARAN KASUS PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB DI PUSKESMAS BELIMBING KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Pada umunya penyakit ini terjadi tiap tahun dan penyebarannya semakin luas. Pada tahun 2015, terjadi 1.126 kasus DBD di Kota Padang. Kasus tertinggi terjadi di Puskesmas Belimbing dengan 105 kasus. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan kasus ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya belum adanya informasi penyebaran dan pemetaan kasus DBD yang menyebabkan proses pencegahan dan penanggulangan menjadi lamban. Pemetaan penyebaran kasus DBD dapat memberi informasi tentang penyebaran kasus yang terjadi di Puskesmas Belimbing. Pembangunan SIG berbasis web dapat membantu puskesmas dalam memvisualisasikan penyebaran kasus yang terjadi sehingga mempermudah puskesmas dalam menunjang tindakan pencegahan dan penanggulangan penyebaran penyakit agar dilakukan secara cepat dan efektif dan memberikan informasi penyebaran penyakit kepada masyarakat. SIG ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall.Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman php dan javascript, GoogleMaps sebagai peta dasar, PostgreSQL dan PostGIS sebagai database dan ekstensinya. Pengujian sistem dilakukan dengan metode blackbox testing. Hasil pengujian terhadap 8 fungsional dilakukan oleh 10 orang user yang menunjukkan bahwa SIG penyebaran kasus DBD di Puskesmas Belimbing Kota Padang sesuai dengan rancangan sistem. Kata kunci: Kasus Penyakit, DBD, Puskesmas Belimbing, SIG, PostgreSQL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 May 2019 11:44
Last Modified: 27 May 2019 11:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46101

Actions (login required)

View Item View Item