Analisis Usaha Integrasi Ayam Petelur Dengan Usaha Tanaman Jagung, Rice Milling, Dan Penggilingan Pakan (Studi Kasus Cv. Pundi Limbuku Alam Di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota)

Wiguna, Widi Tri (2023) Analisis Usaha Integrasi Ayam Petelur Dengan Usaha Tanaman Jagung, Rice Milling, Dan Penggilingan Pakan (Studi Kasus Cv. Pundi Limbuku Alam Di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Text (Abstrak).pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Text (BAB I. Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan saran)
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran ).pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Perpustakaan).pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh CV. Pundi Limbuku Alam, menganalisis besarnya keuntungan usaha integrasi pada CV. Pundi Limbuku Alam dan Menganalisa perbandingan keuntungan usaha integrasi pada CV. Pundi Limbuku Alam. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kombinasi observasi, wawancara, pencatatan dan inventaris data sekunder. Periode analisis data berdasarkan periode musim tanam jagung yaitu Agustus 2021 – Juli 2022. Usaha integrasi yang dilakukan terdiri dari usaha budidaya tanaman jagung, peternakan ayam petelur, penggilingan padi, dan pengolahan pakan ternak ayam. Usaha integrasi ini mengalami permasalahan dimana kebutuhan jagung untuk integrasi pembuatan pakan ternak ayam tidak terpenuhi. Hasil produksi dari budidaya tanaman jagung hanya memenuhi 38% kebutuhan untuk bahan baku penggilingan pakan ternak ayam. Selain itu, terdapat beberapa bulan seperti Januari dan Februari produksi dedak hanya dapat memenuhi 76% kebutuhan dedak untuk bahan baku penggilingan pakan ternak. Hal ini dapat meningkatkan biaya dan menurunkan keuntungan pada usaha integrasi. Hasil perhitungan keuntungan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keuntungan yang di peroleh dari usaha integrasi ayam petelur dengan tanaman jagung, penggilingan padi dan penggilingan pakan adalah sebesar Rp 528.742.750. Jika dilihat dari segi perbandingan keuntungan usaha, terlihat bahwa usaha penggilingan pakan ternak merupakan komponen yang paling signifikan dalam menghasilkan keuntungan dalam integrasi usaha ini. Hal ini disebabkan oleh penggunaan dua bahan baku utama dari hasil budidaya tanaman jagung dan proses penggilingan padi, yaitu jagung pipil dan dedak. Selain itu, produk yang dihasilkan dari kegiatan penggilingan pakan ternak juga berperan sebagai pakan utama untuk peternakan ayam petelur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Syahyana Raesi, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:53
Last Modified: 08 Jan 2024 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460985

Actions (login required)

View Item View Item