APLIKASI RHIZOBAKTERI DAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS CINGKARIANG

Rohmi, Suwinda (2019) APLIKASI RHIZOBAKTERI DAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS CINGKARIANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir ilmiah utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - November 2018 di Kebun percobaan BPTP Sumatera Barat. Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mendapatkan interaksi Rhizobakteri dengan konsentrasi zat penghambat tumbuh Paklobutrazol terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kentang; 2) Mendapatkan isolat Rhizobakteri terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kentang; 3) Mendapatkan konsentrasi zat pengatur tumbuh Paklobutrazol yang paling tepat dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Penelitian disusun dengan metode eksperimen dalam percobaan lapangan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 5 x 3 dengan tiga kelompok. Faktor pertama adalah isolat Rhizobakteri indegenus: Tanpa Rhizobakteri;RZ.3.L2.1;RZ.3.L2.2; RZ.3.L2.5 dan RZ.1.L2.3. Faktor kedua yaitu konsentrasi Paklobutrazol: 0 ppm;50 ppm dan 100 ppm. Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji BNJ 5% apabila F hitung ≥ F tabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh interaksi perlakuan isolat Rhizobakteri dan Paklobutrazol pada peubah laju tumbuh umbi, jumlah umbi per rumpun, bobot umbi per rumpun dan per hektar; Pemberian isolat Rhizobakteri RZ.3.L2.1 memberikan pengaruh terbaik pada: laju tumbuh umbi, rasio tajuk akar, jumlah umbi perpetakan, bobot umbi per tanaman, bobot umbi per hektar dan indeks pelarut fosfat; dan konsentrasi 100 ppm adalah konsentrasi Paklobutrazol terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Kata Kunci : rhizobakteri, zat pengatur tumbuh, paklobutrazol, bakteri pelarut P, tanaman kentang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Warnita,MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 27 May 2019 13:46
Last Modified: 27 May 2019 13:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46095

Actions (login required)

View Item View Item