PENYISIHAN MINYAK DAN LEMAK DARI AIR LIMBAH LAUNDRY MENGGUNAKAN KOLOM TUNGGAL DENGAN KOMBINASI MEDIA FILTRASI PASIR DAN SERBUK SABUK KELAPA

Muhammad Muzakkii, Faaiz Saifullah (2023) PENYISIHAN MINYAK DAN LEMAK DARI AIR LIMBAH LAUNDRY MENGGUNAKAN KOLOM TUNGGAL DENGAN KOMBINASI MEDIA FILTRASI PASIR DAN SERBUK SABUK KELAPA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (TA fulltext)
TA fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji aplikasi kolom tunggal dengan kombinasi media filtrasi pasir dan serbuk sabut kelapa dalam menyisihkan minyak dan lemak dari air limbah laundry. Kolom terbuat dari pipa PVC berdiameter 5 cm, tinggi 40 cm. Ketinggian bed media 30 cm dengan rasio pasir dan serbuk sabut kelapa 1:1. Kecepatan alir influen divariasikan sebesar 2 gpm/ft2 dan 3 gpm/ft2 selama 48 jam. Variasi kolom yang digunakan adalah kolom dengan kombinasi media terpisah dan tercampur serta kolom berisi pasir saja dan serbuk sabut kelapa saja sebagai kontrol. Media pasir yang digunakan memiliki diameter 0,450 – 0,550 mm dan serbuk sabut kelapa 0,106 – 0,710 mm. Analisis konsentrasi minyak dan lemak dalam sampel dilakukan dengan metode gravimetri. Konsentrasi minyak dan lemak awal sebesar 30 – 36 mg/L. Variasi terbaik yang menghasilkan efisiensi penyisihan minyak dan lemak tertinggi didapatkan pada variasi kolom dengan media terpisah menggunakan kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dengan rata-rata efisiensi penyisihan sebesar 80,74% ±0,85. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi media pasir dan serbuk sabut kelapa dalam kondisi terpisah dapat meningkatkan efisiensi penyisihan minyak dan lemak. Analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada efisiensi penyisihan dari variasi kondisi media dalam kolom dan kecepatan alir influen (p-value<0,05). Hasil ini membuktikan bahwa kombinasi media pasir dan serbuk sabut kelapa berpotensi diterapkan dalam menyisihkan minyak dan lemak dalam pengolahan air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Denny Helard
Uncontrolled Keywords: air limbah laundry, kolom, kolom kombinasi media filtrasi, minyak dan lemak, serbuk sabut kelapa
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:24
Last Modified: 08 Jan 2024 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460944

Actions (login required)

View Item View Item