Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Indah, Cikita Julianti (2023) Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi-Indah Cikita Julianti (1910841031).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi meraih perhargaan sebagai OPD dengan Standar Kepatuhan Tertinggi dari 4 OPD sampel dari Ombudsman Perwakilan Sumbar Barat di tahun 2021, selain itu indeks kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi setiap tahunnya mengalami peningkatan. Namun setelah dilakukan observasi awal peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terkait dengan kualitas layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi. Saya sebagai peneliti mendeskripsikan Strategi layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik pemilihan informan dengan teknik Criterion Sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 orang dan teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori strategi meningkatkan kualitas jasa oleh Tjiptono dalam teori ini dipengaruhi oleh 4 variabel yaitu atribut pelayanan, pendekatan untuk penyempurnaan kualitas jasa, sistem umpan balik untuk kualitas layanan pelanggan dan implementasi manajemen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi melakukan beberapa strategi yang berguna utuk meningkatkan kualitas pelayanan. Adapun strategi yang dilakukan berupa menciptakan media layanan yang berguna untuk memberikan layanan dan informasi kepada masyarakat, melakukan rapat secara berkala yang digunakan untuk mengevaluasi pelayanan yang diberikan, melakukan monitoring pada saat staff memberikan layanan, serta melakukan koordinasi dengan beberapa instansi untuk meningkatkan kualitas layanan, dan mengenai pelaksanaan strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dalam peningkatan kualitas pelayanan secara keseluruhan dapat dikatakan sudah baik, namun perlu peningkatan di beberapa indikator seperti pembenahan dan peremajaan sarana dan prasarana, peningkatan sosialisasi terkait layanan online, dan pendisplinan staff terkait waktu pelayanan sehabis jam istirahat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kualitas, Pelayanan, Disdukcapil, Administrasi Kependudukan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:47
Last Modified: 08 Jan 2024 01:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460905

Actions (login required)

View Item View Item