SISTEM MONITORING KONSUMSI BAHAN BAKAR GENERATOR SET (GENSET) PADA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) BERBASIS MIKROKONTROLER

Kamza, Faisal (2023) SISTEM MONITORING KONSUMSI BAHAN BAKAR GENERATOR SET (GENSET) PADA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover, Abstrak.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Faisal Kamza_1811512018.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_Faisal Kamza_1811512018.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus_Faisal Kamza_1811512018.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi_Faisal Kamza_111512018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Generator set (Genset) memegang peranan penting sebagai sumber daya listrik cadangan untuk Base Transceiver Station (BTS). Mengingat pentingnya genset dalam menjaga kelangsungan operasional BTS, maka pemantauan konsumsi bahan bakar genset menjadi faktor penting dalam mengoptimalkan efisiensi operasional dan mengurangi tindakan yang tidak diinginkan. Pengisian oleh petugas secara langsung di area BTS yang kurang pengawasan memungkinkan terjadinya kecurangan. Kasus yang pernah terjadi, pencurian dilakukan oleh mantan teknisi dari salah satu provider dengan cara menyamar dan masuk ke area BTS kemudian menyalin bahan bakar dari tangki Genset ke dalam jirigen. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem monitoring konsumsi bahan bakar genset berbasis mikrokontroler. Sistem dirancang untuk dapat memonitoring kondisi bahan bakar menggunakan sensor bahan bakar, status genset yang sedang beroperasi menggunakan Sct-013, menangkap gambaran umum keadaan di sekitar genset dan membuat aplikasi yang dapat menampilkan semua data yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini tercipta sebuah sistem monitoring yang dapat membaca ketinggian tangki bahan bakar dengan tingkat akurasi 97,3% dan mengetahui nilai arus dengan tingkat akurasi 99,78%, sistem juga dapat menangkap keadaan di sekitar genset jika terjadi kondisi penyelewengan dan semua informasi dapat diakses melalui aplikasi mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Tati Erlina, M.I.T
Uncontrolled Keywords: Monitoring, Mikrokontroler, Fuel sensor, Genset, BBM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 Teknik Komputer
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:03
Last Modified: 08 Jan 2024 02:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460874

Actions (login required)

View Item View Item