PERAN ELIT LOKAL NAGARI PANINGGAHAN DALAM KEMENANGAN ARMEN PLANI PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DPRD KABUPATEN SOLOK TAHUN 2019

Rahmad, Agusrianto (2023) PERAN ELIT LOKAL NAGARI PANINGGAHAN DALAM KEMENANGAN ARMEN PLANI PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DPRD KABUPATEN SOLOK TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (853kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (753kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi kemenangan Armen Plani sebagai calon anggota dewan legislatif DPRD Kabupaten Solok periode 2019-2024 di Nagari Paninggahan. Sebagai pendatang baru dari Partai Nasdem, Armen Plani berhasil mengalahkan dua kandidat petahana dengan berhasil meraih 2.230 suara. Kemenangan yang diraih Armen Plani ini tak terlepas dari peran serta dukungan mayoritas elit lokal Nagari Paninggahan yang ikut kegiatan konsolidasi serta mendeklarasikan dukungan secara langsung dan terbuka untuk memenangkan kandidat pendatang baru tersebut. Landasan teori penelitian menggunakan Konsep Peran Soerjono Soekanto dan Konsep Elit menurut Suzanne Keller, dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan desain studi kasus. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keinginan elit mendukung Armen Plani disamping didukung oleh figur Armen Plani, juga disebabkan oleh faktor kekecewaan elit lokal terhadap kinerja calon petahana. Proses dukungan ini diawali dengan keikutsertaan elit lokal dalam rangkaian kegiatan konsolidasi bersama. Peran elit lokal dalam memenangkan Armen Plani dibuktikan elit politik lokal seperti Wali Nagari, Wali Jorong, Wakil Ketua Bamus serta Kader Partai Politik yang berperan sebagai fasilitator, gladiator politik, aktor pengorganisasian relawan, serta sebagai juru kampanye Armen Plani. Elit Religius yaitu Tokoh Agama berstatus sebagai ketua kelompok Jemaah Yasinan Darusallam Paninggahan berkontribusi sebagai orator dan mobilisator kelompoknya. Sumbangsih para perantau dan pengusaha lokal Nagari Paninggahan sebagai elit ekonomi dalam membantu cost politik dalam bentuk pengadaan logistik kampanye menandakan perannya sebagai boss lokal dibalik kemenangan Armen Plani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Tamrin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Legislatif, Elit Lokal, Kolaborasi Elit Lokal, Konsolidasi Elit.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:21
Last Modified: 05 Jan 2024 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460813

Actions (login required)

View Item View Item