STUDI PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG KEDELAI SEBAGAI SUMBER NITROGEN TERHADAP KARAKTERISTIK NATA DE WHEY BERBAHAN DASAR WHEY KEJU MOZARELLA DAN NILAI TAMBAHNYA

Fera, Malta (2023) STUDI PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG KEDELAI SEBAGAI SUMBER NITROGEN TERHADAP KARAKTERISTIK NATA DE WHEY BERBAHAN DASAR WHEY KEJU MOZARELLA DAN NILAI TAMBAHNYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
organized-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh variasi penambahan ekstrak kecambah kacang kedelai sebagai sumber nitrogen berdasarkan karakteristik fisik, kimia dan sensori Nata de Whey, mendapatkan penambahan ekstrak kecambah kacang kedelai terbaik berdasarkan karakteristik fisik, kimia dan sensori Nata de Whey dan mendapatkan nilai tambah dari pembuatan Nata de Whey berbahan dasar whey keju mozarella dalam satu kali proses produksi. Penelitian ini menggunakan model Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Jika hasil menunjukkan pengaruh dari perlakuan yang diberikan maka dilanjutkan dengan uji Duncant’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan yang digunakan yaitu dengan memvariasikan konsentrasi esktrak kecambah kacang kedelai yang digunakan dalam 500 ml whey keju mozarella adalah A=1%, B=2%, C=3%, D=4% dan E=5%. Penambahan ekstrak kecambah kacang kedelai pada pembuatan Nata de Whey berpengaruh nyata terhadap sifat fisik yaitu ketebalan dan rendemen, dan sifat kimia yang meliputi kadar air dan kadar serat. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap parameter nilai pH dan sensori Nata de Whey. Penambahan terbaik ekstrak kecambah kacang kedelai adalah sebesar 5%. Nilai tambah pada pembuatan Nata de Whey berbahan dasar whey keju mozarella untuk satu kali proses produksi adalah sebesar Rp 12.198/kg whey dengan rasio nilai tambah sebesar 50,82%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Neswati, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecambah Kacang Kedelai, Nata, Sumber Nitrogen, Whey Keju
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:05
Last Modified: 04 Jan 2024 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460741

Actions (login required)

View Item View Item