PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HIJAU KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum)

Sari, Ayu (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HIJAU KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HIJAU KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum) Abstrak Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan komoditi hortikultura yang kaya akan vitamin dan mineral. Permintaan tomat terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Akan tetapi, produksi tomat di Sumatera Barat mengalami penurunan yang disebabkan oleh alih fungsi lahan pertanian. Altenatif untuk meningkatkan produksi tomat di Sumatera Barat adalah perluasan areal tanam melalui budidaya tomat di lahan marjinal. Lahan marjinal memiliki permasalahan seperti keracunan Al, reaksi tanah masam dan miskin hara. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi tanah di Lahan marjinal adalah penambahan bahan organik. Salah satu jenis pemberian bahan organik yang mudah dan efisien adalah pupuk hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis pupuk hijau Kirinyuh yang dapat memperbaiki pertumbuhan dan hasil tomat yang ditanam di tanah Ultisol. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kawat dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang, pada bulan Mei – September 2023. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan, yakni dosis pupuk hijau Kirinyuh 0, 175, 350, 525 dan 700 g yang diulang sebanyak 4 kali. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji F. Jika nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada tingkat signifikansi 5%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa pemberian berbagai dosis pupuk hijau Kirinyuh memberikan pengaruh yang berbeda pada pertumbuhan dan hasil tomat. Dosis pupuk hijau Kirinyuh 525 g memberikan hasil tomat yang paling baik dengan bobot buah tomat sebesar 1,57 kg/tanaman. Kata Kunci: Bahan Organik, Kirinyuh, Tomat, Ultisol

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:55
Last Modified: 04 Jan 2024 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460673

Actions (login required)

View Item View Item