Pemetaan Beberapa Sifat Kimia Tanah Sawah pada Berbagai Satuan lahan di Kenagarian Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kenagarian Barulak Kabupaten Tanah Datar

DELLA, AFRIANTI (2019) Pemetaan Beberapa Sifat Kimia Tanah Sawah pada Berbagai Satuan lahan di Kenagarian Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kenagarian Barulak Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2.Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3.penutup.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5.full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pemetaan beberapa sifat kimia tanah sawah pada berbagai satuan lahan di Kenagarian Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kenagarian Barulak Kabupaten Tanah Datar telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memetakan sebaran nilai beberapa sifat kimia tanah sawah di Kenagarian Tungka Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kenagarian Barulak Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, serta model analisis data spasial. Pengambilan sampel tanah berdasarkan satuan lahan (SL) yang dilakukan secara Stratified random sampling. Ada 5 SL pada tanah yang disawahkan di lokasi penelitian yaitu SL 1: Hapludults, fisiografi hill, lereng curam sampai sangat curam; SL 2: Humitropepts, fisiografi hill, lereng cukup curam; SL 3: Eutropepts, fisiografi karst, lereng cukup curam sampai curam; SL 4: Hydrandepts, fisiografi vulkan, lereng cukup curam; SL 5: Dystrandepts, fisiografi vulkan, lereng datar. Model analisis data spasial digunakan untuk pengolahan data hasil analisis tanah menjadi sebuah peta tematik sebaran nilai pH tanah sawah, C-organik, N-total, P-tersedia, KTK, dan KB tanah sawah. Hasil penelitian menunjukkan tanah yang disawahkan di Nagari Tungka, Kecamatan Situjuh Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar memiliki tingkat kesuburan yang beragam berdasarkan sebaran nilai beberapa sifat kimia tanah sawah yang telah dianalisis dan dipetakan. Satuan lahan yang memiliki tingkat kesuburan paling tinggi yaitu SL 4 (Vab.1.3.3) dan satuan lahan 3 (Kc.3.3). sementara itu, satuan lahan dengan tingkat kesuburan paling rendah adalah SL 1 (Hf.1.3.3) dimana yang menjadi faktor pembatasnya adalah rendahnya kejunahan basa dan ketersediaan P. Kata kunci: Sifat kimia Tanah, Tanah Sawah, Satuan Lahan, Kenagarian Tungka, Kenagarian Barulak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Azwar Rasyidin, MAgr
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 May 2019 11:20
Last Modified: 27 May 2019 11:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46064

Actions (login required)

View Item View Item