Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) Ternak Sapi Pada Program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) Di Kabupaten Lima Puluh Kota

Afrengky, Gustian (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) Ternak Sapi Pada Program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) Di Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Tesis Full)
THESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan IB pada program SIKOMANDAN di Kabupaten Lima Puluh Kota. Responden penelitian ini adalah 97 orang peternak dan 5 orang inseminator dengan wilayah kerja pada wilayah yang diteliti. Variabel dependen yang diamati pada penelitian ini adalah CR, dan variabel independen yang diamati adalah peternak (umur, pendidikan, lama beternak, dan kemempuan manajemen reproduksi ternak), ternak (BCS), semen beku (motilitas), dan inseminator (masa kerja, kemampuan manajemen straw dan thawing, pemahaman organ reproduksi dan deteksi estrus, jarak ke wilayah kerja, ketersediaan sarana dan prasarana, sanitasi alat dan perlengkapan, dan komnukasi dengan peternak). Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, data primer didapatknan dari wawancara di lapangan dan data sekunder didapatkan dari laporan SIKOMANDAN. Data yang didapatkan di analisis secara deskriptif dan analisis regresi sederhana untuk melihat pengaruh masing-masing kriteria menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics V25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa target dan realisasi akseptor IB, jumlah IB, jumlah PKb, kebuntingan, dan kelahiran ternak di Kabupaten Lima Puluh Kota telah mencapai target yang direncanakan pada tahun 2021, namun pada tahun 2022 jumlah pelaksanaan PKb dan jumlah pelaporan kebuntingan ternak belum mencapai target yang direncanakan oleh pemerintah. Nilai rata-rata Conception Rate (CR) adalah 44,35%. Faktor peternak ditemukan ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan kecuali kemampuan manajemen reproduksi peternak yang ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan (P<0,05). Faktor ternak ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan (P<0,05), faktor semen beku tidak memiliki pengaruh yang signifikan (P>0,05), dan faktor inseminator ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan (P<0,05) kecuali jarak pelayanan yang ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan (P>0,05) terhadap keberhasilan IB pada program SIKOMANDAN di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata kunci: IB, Peternak, Ternak, Semen beku, Inseminator, dan Keberhasilan IB.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr Ir. Hendri, MS dan Prof. Dr. Ir. Zaituni Udin, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:55
Last Modified: 03 Jan 2024 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460606

Actions (login required)

View Item View Item