PENGARUH PENINGKATAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI BAHAN BAKU EKSTRAK “CINNAMONONI” TERHADAP RASIO EFISIENSI PROTEIN, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME BROILER

Nissa, Septiana (2023) PENGARUH PENINGKATAN BUAH MENGKUDU DALAM KOMPOSISI BAHAN BAKU EKSTRAK “CINNAMONONI” TERHADAP RASIO EFISIENSI PROTEIN, RETENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan buah mengkudu sampai dengan 6 bagian dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi (campuran daun kayu manis, daun mengkudu, dan buah mengkudu) dapat menyamai rasio efisiensi protein, retensi nitrogen, dan energi metabolisme broiler yang diberi ransum komersial. Penelitian ini menggunakan broiler MB 202 sebanyak 100 ekor dengan rataan BB awal perlakuan 750,83 ± 29,49 g. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari P1 : ransum komersial Bravo 512 tanpa pemberian ekstrak, P2 : ransum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:2, P3 : ransum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:4, dan P4 : rasum basal dengan ekstrak cinnamononi komposisi 1:2:6. Peubah yang diamati adalah rasio efisiensi protein (REP), retensi nitrogen (RN), dan energi metabolisme (AME). Hasil penelitian dan analisis ragam menunjukkan bahwa peningkatan buah mengkudu dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap rasio efisiensi protein, retensi nitrogen, dan energi metabolisme broiler tetapi cenderung berpengaruh nyata (P<0,10) terhadap rasio efisiensi protein. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan buah mengkudu sampai 6 bagian dalam komposisi bahan baku ekstrak cinnamononi melalui air minum terbatas dapat menyamai rasio efisiensi protein, retensi nitrogen dan energi metabolisme broiler yang diberi ransum komersial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Ahadiyah Yuniza, MS
Uncontrolled Keywords: Broiler, Ekstrak Cinnamononi, Energi Metabolisme, Rasio Efisiensi Protein, Retensi Nitrogen.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:39
Last Modified: 02 Jan 2024 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460564

Actions (login required)

View Item View Item