KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PASANGAN PERNIKAHAN DINI (Studi Kasus : 5 Pasangan di Desa Koto Tengah Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci)

Hanifah, Putri Nabila (2023) KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA PASANGAN PERNIKAHAN DINI (Studi Kasus : 5 Pasangan di Desa Koto Tengah Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernikahan dini yang terjadi di Desa Koto Tengah. Pernikahan dini dalam penelitian ini mencakup usia yang pernikahan yang tercantum pada Undang – undang perkawinan, kesiapan mental dan fisik pasangan, serta kehidupan rumah tangga pada pasangan yang melakukan pernikahan dini tersebut. Pada Undang-Undang Pernikahan tercantum bahwa pernikahan dapat dilakukan ketika sudah memasuki usia dari 19 tahun keatas, tetapi di salah satu Desa Koto Tengah setiap tahunnya ada warganya yang melakukan pernikahan di bawah umur 19 tahun. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi penyebab pasangan melakukan pernikahan dini serta menganalisis bagaimana kehidupan sosial ekonomi yang terjadi di rumah tangga pasangan pernikahan dini di Desa Koto Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan memakai teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Sementara pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan konsep pernikahan, pernikahan dini, keluarga, rumah tangga dan sosial ekonomi dan teori struktural fungsional dari Radclift Browm Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa faktor yang menjadi penyebab pasangan melakukan pernikahan dini adalah faktor kebiasaan masyarakat, faktor Hamil di Luar Nikah, faktor kondisi ekonomi orang tua serta faktor berhenti atau putus sekolah. Kehidupan sosial ekonomi pada rumah tangga pasangan pernikahan dini belum berjalan dengan semestinya dikarenakan mereka yang masih menetap di rumah orang tua pihak perempuan artinya dalam satu rumah terdapat lebih dari satu rumah tangga di mana dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari juga masih di bantu orang tua mereka. Kata Kunci : Pernikahan Dini, Rumah Tangga, Sosial Ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Setiawati, MA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S1 Antropologi Sosial
Date Deposited: 29 Dec 2023 05:03
Last Modified: 29 Dec 2023 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460458

Actions (login required)

View Item View Item